Cara Rahasia Jitu Menaikkan Alexa Rank dengan Cepat

alexa-rank Menaikkan alexa rank dengan cepat? Siapa saya hingga berani bicara mengenai alexa rank? Masuk ke top 100.000 aja cuman bertahan 4 hari, kok. Hehehehe... namun yang namanya ilmu berdasar pengalaman itu menurut saya tetap harus dibagi. Karena guru terbaik bukanlah pengalaman sendiri, melainkan pengalaman orang lain. Untuk tahu bahwa api itu panas akan lebih baik dengan melihat orang lain terbakar dan berteriak, “Panas!” ‘kan, daripada mencoba membakar diri sendiri?

Okay, sekian cuap-cuapnya. Rahasia pertama adalah, Sebenarnya tak ada RAHASIA dalam menaikkan alexa rank dengan cepat. Seperti kata Cosa Aranda, tidak ada rahasia dalam SEO! Yang perlu anda lakukan untuk benar-benar pandai SEO seperti para jagoan SEO adalah KREATIF, dan untuk pandai menaikkan alexa rank, anda HANYA HARUS lebih berwawasan. Tapi, saya rasa yang saya katakan di atas ini bukanlah yang anda mau, jadi langsung saja ke ‘Cara Jitu Menaikkan Alexa Rank!

Cara Pertama:

Perbanyak Fresh Content atau Konten Segar per Hari! Menurut pengalaman saya, alexa rank saya naik dengan cepat ketika ada awal kali saya mengadakan event guest blogging. Meski rank alexa saya waktu itu (sebelum saya vakum), sudah mencapai 200 ribuan, namun segera naik ke top 100.000, setelah dalam sehari ada minimal lima postingan baru dari tamu-tamu blogger saya. Meski hanya berlangsung selama empat hari, namun dari situ saya bisa ambil kesimpulan bahwa konten segar yang terus-menerus ada tiap hari akan menaikkan alexa rank kita. Itu adalah ALASAN UTAMA mengapa saya dulu begitu getol untuk posting sehari sekali. Karena itu adalah cara yang baik sekali untuk MENAIKKAN ALEXA RANK saya. 

Cara Kedua:

Perbanyak Page Views! Page Views adalah jumlah halaman yang dilihat dalam sekali kunjungan. Misal, saya datang ke blog bang Zal, saya lihat bahwa tulisan di sana sangat membuka wawasan. Saya tertarik untuk tidak sekedar mampir dan melihat halaman depan, namun saya terus membaca tiap artikel di sana, di tiap kategori. Katakan saya dalam satu kunjungan ke blog itu, saya membaca 5 artikel (melihat lima halaman). Dan ada ribuan orang seperti saya yang juga melakukan hal yang sama. Dalam kasus ini, page views rata-rata bang Zal adalah 5,00 (CMIIW). Nah, semakin tinggi nilai page views kamu, maka akan semakin tinggi potensi alexa rank mu. Kira-kira begitu lah....

Mengenai caranya, anda bisa membuat widget tulisan paling populer seperti yang saya letakkan di samping post ini. Harapannya, jika pembaca mengetahui bahwa tulisan saya menarik, ia akan mencari lagi artikel yang kiranya juga menarik untuk dibaca. Dengan begitu, rata-rata page views saya akan bertambah. Atau anda bisa letakkan widget “Mungkin Artikel Ini yang Anda Cari?” atau widget, “Artikel Lain yang Serupa” di bagian bawah artikel. Seperti yang digunakan oleh mas Albri dan Oom Agus. Ini juga merupakan cara jitu untuk menaikkan page views. Mengenai cara membuat widget-nya, akan saya post nanti atau anda bisa dengan bebas browsing di google. Anda akan menemukan banyak sekali orang yang memberikan tutorial mengenai pembuatan widget ini.

Cara Ketiga:

Perbanyak Trafik atau Visitor! Saya rasa jelas untuk yang ini. Alexa rank adalah rank yang dibuat amazon untuk mengukur kepopuleran blog dan potensi penghasilan atau penjualannya jika mereka menjadi merchant amazon (yang ini juga CMIIW). Oleh karena itu, TRAFIK, PAGE VIEWS, dan FRESH CONTENT adalah hal yang KRUSIAL dalam menaikkan rank ini. Untuk menaikkan trafik, akan saya bahas di lain waktu. Takkan jauh-jauh dari SEO dan promosi blog. Bagian ini juga ada banyak sekali tutorialnya di blog-blog para senior. Hanya saja, saya rasa mereka sedikit malas jika harus menjelaskan secara detail, atau memang kita dituntut untuk belajar sendiri agar ilmu yang kita peroleh lebih kuat, dan kita lebih cepat menjadi profesional seperti mereka.

Saya rasa yang sedikit ini sudah cukup menjelaskan mengenai Alexa Rank. Jika anda bertanya, “kok hanya ini?” Jawaban saya adalah, secara umum MEMANG HANYA INI. Gambarannya memang cuma ini. Namun secara teknisnya akan SANGAT PANJANG SEKALI PENJABARANNYA. Jika anda ingin menjadi blogger profesional, mulailah bertingkah seperti blogger profesional. Bergaul dengan mereka, mencari tahu apa saja yang mereka lakukan (terlepas dari tutorial yang mereka berikan), dan menirunya.

Aa’ Gym menyingkat hal ini sebagai ATM. Yaitu AMATI, TIRU, dan MODIFIKASI sehingga cocok dengan kepribadian anda. Jika ingin belajar mengenai ATM saran saya belajar dari Kang Noval. Yang harus selalu anda ingat adalah anda harus terus memperbesar konteks dengan terus belajar. Saran saya jangan hanya belajar tips dan trik, melainkan juga cara membuat tips dan trik itu. Jika anda melihat ada orang yang hebat benar memainkan game, yang hebat bukan gamer (pemain game)-nya. Melainkan developer (pengembang game)-nya.

Sebagai penutup, untuk menjadi blogger sebenarnya, anda sepatutnya mempelajari CARA MENJADI BLOGGER SECARA KESELURUHAN. Hal ini meliputi, MINDSET, TEORI, dan PENERAPAN. Mengenai MINDSET BAGI PARA BLOGGER, silahkan baca arsip-arsip saya, karena saya mengkhususkan diri di bidang mindset. Sementara untuk urusan teknis (teori) silahkan belajar pada mas Albri karena saya rasa ia adalah ahlinya. Sementara untuk urusan aplikatif (penerapan), silahkan belajar pada Oom dan blogger-blogger tutorial yang sangat banyak sekali di luar sana. 

Sudah panjang sekali post ini. Jadi sekian dari saya, semoga yang sedikit ini berguna. Tetap tongkrongin Alam*Pintar untuk mendapatkan update terbaru dari saya. Salam Pintar!

Mulai sekarang, AlamPintar akan update tiap EMPAT HARI sekali. Jika Anda terlalu sibuk untuk mampir, setidaknya pastikan untuk SELALU BACA artikel keren kami via email. Klik di sini untuk Langganan via E-mail!

Anda diperkenankan MENYALIN tulisan di AlamPintar.org selama menyebutkan SUMBER dan mencantumkan LINK menuju blog ini. Kerugian yang disebabkan karena anda secara salah mengikuti apa yang saya tulis di sini di luar tanggung jawab saya sebagai penulis.