Pola Pikir Blogger Idola | Ulasan Mindset Blogger (2)

Blogger Idol iconHuheuehue, terima kasih karena telah stay tune di blog ini. Maaf karena tulisan kali ini sedikit terlambat. Ada banyak hal yang mengganggu pikiran saya akhir-akhir ini, dan tingkat stres yang tinggi membuat inspirasi tak kunjung datang. Aduh, image saya kok jadi gimana gitu yah... heuheuheuehue..... Tenang aja, saya tidak stres karena masalah cewek kok. Huehuehuehu....

Bagaimanapun, banyak tanggapan positif pada tulisan kemarin (maaf belum sempat membalas komen klaian satu persatu), dan sepertinya itu adalah penggerak sehingga di tengah aktivitas sekolah saya yang mulai padat, saya masih bisa melanjutkan tulisan kemarin, dan memenuhi janji saya. Huehuehue.....

I love you guys...... Huheuheuhe, Sekian deh nggombalnya. Ga pake basa-basa basi lagi, mari langsung lanjut!

  1. Pandai Membangun Hubungan, baik dengan yang lebih pintar, maupun pada yang belum pintar. Selain ini adalah salah satu Golden Rules untuk menjadi blogger Idola, ini juga salah satu aspek terpenting dalam kehidupan. Idola ada karena ada yang mengidolakan. Selain value, kemampuan berkomunikasi terhadap pembaca sangat penting untuk membuat diri menjadi blogger idola.

    Kemampuan diri untuk menahan diri ketika ada komentar yang bersifat 'menyerang', kebesaran hati untuk menerima masukan dan kritik, ketenangan hati ketika menjawab komentar yang menghina, kemampuan memberikan penyelesaian atas masalah yang ada, dan lain-lain adalah salah satu harta karun yang hanya dimiliki oleh blogger idola.

    Menjadi blogger idola sulit? Sepertinya 'ya!' sekali. Untuk itulah kenapa tak ada blogger idola yang menjadi blogger idola dalam hitungan bulan apalagi minggu. Bahkan Dian Sastro pun, ia sampai sekarang belum menjadi blogger idola meskipun dirinya adalah artis yang banyak menjadi idola orang. Tak percaya, amati saja komentar yang masuk ke blognya, hihihihi.... Menjadi blogger idola lebih sulit sih, daripada menjadi sekedar artis.

    Terkadang sulit untuk mempertahankan hubungan dengan pembaca. Pembaca yang menggandrungi kita dengan teramat sangat, kadang kala terasa mengganggu. Itu wajar dan jika anda merasakan, selamat! Anda mungkin mulai menjadi blogger idola. Mereka terkadang datang dan mengajak bicara hal yang sebenarnya kurang penting untuk dibicarakan, dan mereka tak tahu bahwa waktu di dunia ini, satu harinya hanya 24 jam, dan kita punya banyak hal yang harus dilakukan dalam 24 jam itu.

    Kemampuan membina hubungan berkaitan erat dengan kemampuan menolak. Menolak tanpa harus menyakiti hati orang yang kita tolak adalah hal yang sulit dan butuh pengalaman, mengerti karakter orang yang kita tolak, dan lain-lain. Fiuh, pada akhirnya, kita harus bisa tegas. Hubungan ada dan membuat kedua belah pihak merasa bahagia, selain itu, itu bukanlah hubungan. Begitu juga hubungan kita dengan pembaca. Hal yang lembut terkadang perlu dikerasi untuk menjaganya tetap lembut. Ini hal yang rumit, dan mungkin saya akan membahasnya lain waktu. Intinya, pandai-pandailah membina hubungan dengan orang lain.


  2. Percaya Diri! Blogger Idola tahu bahwa kepercayaan dirilah yang akan membawanya menuju ketenaran. Tanpa kepercayaan diri, tak akan ada tulisan di blognya. Kepercayaan diri adalah hal awal yang MUTLAK ada untuk membuat diri kita berani menulis apa saja, baik itu tutorial, opini, tips, triks, dan lain-lain. Kepercayaan diri membuatnya yakin bahwa selama yang ia tulis hasil belajar atau perenungan, dan bukan salinan dari karya orang lain, maka ia akan mampu menghadapi berbagai resiko menulis di blog.

    Resiko menulis di blog sebenarnya banyak. Seperti, benturan pendapat karena perbedaan pandangan, adanya orang yang sirik dan tak suka dengan apa yang kita tulis, dan lain-lain yang sering terjadi pada blogger penulis opini seperti saya, hueheuheuheu.... Kepercayaan diri membuat blogger idola mampu menghadapai masalah yang ada dengan brilian, perdebatan panas dengan kepala dingin, pendapat kekanak-kanakan dengan pendpat dewasa yang membuat lawan berpikir sambil memegang dagu, "Betul juga yah...."

    Kepercayaan diri membuat blogger idola memandang optimis segala hal yang ada, karena tahu bahwa dibalik badai yang ribut, ada kicauan burung camar yang tenang dengan sinar matahari yang lembut. Ia percaya bahwa orang melakukan segala sesuatu dengan alasan, dan cara meluruskan hal yang salah adalah dengan mencari tahu alasan kenapa hal salah itu bisa ada, dan membetulkan alasan yang merupakan akarnya, alih-alih menjatuhkan orang yang berbuat salah. Bagaimanapun, kebenaran selalu menang, kita tak selalu benar, dan untuk menang, kita harus terus belajar untuk menjadi benar.


  3. Sabar dan Tekun! Karena memang pada hakikatnya menjadi blogger Idola takkan bisa di dapat dalam waktu singkat! Perlu banyak proses, banyak kesalahan, banya umpan balik, banyak belajar, dan banyak menerima kritikan orang. Kekuatan hati untuk menerima semua kenyataan itu sambil terus ngeblog adalah kekuatan atau value untuk menjadi blogger Idola. Dibalik hal yang super manis, perlu hal yang kecut untuk membuatnya terasa seperti itu.
Menjadi blogger Idola tak ubahnya menjadi seorang pembagi, pendengar, dan pemberi opini yang baik. Ini hal yang perlu banyak perenungan dan pengilhaman. Sebenarnya blogger Idola berbeda-beda cara pencapaiannya tergantung niche yang ia pilih. Blogger idola di bidang tutorial blog, terkadang lebih mudah karena yang terpenting adalah valuenya dalam menyampaikan tutorial yang bagus, simple, dikuasai dengan baik, dan mudah dimengerti.

Meski demikian, semua blogger idola ada dengan pikiran yang baik dan tertata rapi mengenai kehidupan. Ia menonjolkan ke-RENDAH HATI-annya bukan dengan berteriak-teriak, "Orang itu seharusnya seperti aku, tidak sombong!" Melainkan dengan kata-kata yang mengangkat orang lain, kata-kata yang menunjukkan bahwa tiap orang masih harus belajar (termasuk dirinya), dan kata-kata yang menyemangatkan alih-alih menjatuhkan. Untuk hal ini, saya kira semua orang setuju, ya 'kan? Huheuehuehu......

Fiuh.... sementara ini dulu aja yah. Toh, masih ada bagian ketiga. Nantikan post ketiga yang merupakan konsekuensi yang harus dijalani karena memilih menjadi blogger Idola serta keinginan awal dari blogger Idola yang justru sebenarnya tak ingin terkenal.

Nah lho! Bingung 'kan dengan pola pikir blogger Idola, huehuehue....

Pokoknya, stay tune dan maaf karena saya punya banyak hal yang harus dilakukan akhir-akhir ini sehingga update dari tulisan-tulisan saya harus terlambat.

Salam Alam Pintar.

Suka dengan tulisan Syamsul Alam? Silahkan Langganan via E-mail biar nggak ketinggalan!

Mulai sekarang, AlamPintar akan update tiap EMPAT HARI sekali. Jika Anda terlalu sibuk untuk mampir, setidaknya pastikan untuk SELALU BACA artikel keren kami via email. Klik di sini untuk Langganan via E-mail!

Anda diperkenankan MENYALIN tulisan di AlamPintar.org selama menyebutkan SUMBER dan mencantumkan LINK menuju blog ini. Kerugian yang disebabkan karena anda secara salah mengikuti apa yang saya tulis di sini di luar tanggung jawab saya sebagai penulis.