Tips Memperbanyak atau Menambah Komentar per Post

obama-inauguration Menambah jumlah komentar atau menaikkan jumlah komentar per post di blog adalah salah satu hal yang banyak dilakukan blogger baru dalam rangka mengatasi kebosanan dalam ngeblog. Kita semua tahu, menulis capek-capek, dengan isi yang puanjang, namun komentarnya cuman 2 biji, malahan salah satunya pun komen kita sendiri, itu sangat menyebalkan. Heuheuheue....

Blogger, apapun kata-kata yang ia katakan, pada hakekatnya membutuhkan komentar agar bisa tetap semangat ngeblog. Dan meski mereka bilang, “Aku mah, ngeblog ga buat cari komentar, tapi just for fun ajah....” mereka sebenernya dalam rangka menutupi kekurangan mereka, yaitu MINIM KOMENTAR! Jadi, mari langsung ke ulasannya!

Okay, yang harus kita perhatikan adalah, orang merespon balik ketika DIMINTA, DIBERI ALASAN kenapa harus merespon, dan ketika ada yang MENARIK PERHATIAN.

Jika ada orang dikejutkan, mereka secara naluriah merespon ‘kan? Ketika seseorang dimintai sesuatu, mereka lebih sering memberi daripada ketika tak diminta ‘kan? Dan ketika seseorang diberi alasan logis kenapa ia harus melakukan sesuatu, mereka lebih mudah untuk melakukannya dibanding ketika belum diberi alasan ‘kan?

Nah, orang berkomentar juga begitu, jadi ketiga aspek ini harus ditambahkan dalam post kita!

Artikel menarik tak cukup! Tulisan dengan grammar yang baik tak cukup, kita perlu yang lebih untuk menambah jumlah komen! Jadi, mari langsung saja ke hal-hal yang MENAMBAH JUMLAH KOMENTAR PER POST KITA!

  1. Memintanya! Ini cara lama, tapi memenuhi salah satu aspek manusia melakukan sesuatu. Yaitu, memintanya! Anda bisa tambahkan, “Tanggapan kalian sangat saya nantikan, yah!” atau semacamnya sebagai permintaan terhadap komentar. Hal ini sederhana, tapi sebenarnya berpengaruh! Jika anda perhatikan blog-blog opini atau trik yang mempunyai komen per tulisan banyak, mereka pasti menggunakan hal ini! Contohnya, mas Medhy author dari BlogGueBo [dot] com. Hal ini membuat pembaca tahu bahwa suaranya dibutuhkan, membuat mereka bersedia meluangkan waktu untuk berkomentar, dan menghilangkan kesungkanan untuk berkomentar (jujur kadang saya masih sungkan komentar pada blog-blog yang baru saya kenal).
  2. Memberi Bingkisan! Meski ini terdengar mahal, tapi hal ini memenuhi salah satu aspek orang melakukan sesuatu. Yaitu dengan alasan. Dengan adanya bingkisan, mereka akan berpikir, “Aku akan berkomentar, karena dengan berkomentar, aku akan mendapatkan...” Nah, tentu saja kita harus menyiasati bingkisannya dengan hal yang tak memberatkan diri kita. Misalnya review (saya hutang banyak review dan ga saya kerja-kerjakan, wkwkwkwkwk... sori yah...), atau janji untuk berkomentar balik. Contohnya adalah saya, Syamsul Alam dan Peter Kohar.
  3. Gaya Tulisan Super Khas! Nah, meski terdengar tak masuk akal, gaya tulisan orisinal berpengaruh ‘loh kepada jumlah komentar. Blog dengan gaya tulisan menertawakan diri sendiri, personal, lucu, gokil akan lebih banyak dikomentarin karena ada unsur kejutnya (unsur yang membuat tulisan tersebut sama sekali berbeda!). Seperti yang dilakukan mbak Cebong Ipiet ini misalnya. Baca aja deh post-post dari dia. Rasanya pingin komen ‘kan? Huehueheu....
  4. Mengajak Pembaca Berdialog. Ini seperti yang sedang kulakukan ini. Kerasa ‘kan? Nah, mengajak berdialog itu, ya dengan cara kuberi pertanyaan mini seperti, “Seru ‘kan?” atau, “Asik ‘kan?” dan lain-lain. Huehueheu... postingan yang terlalu serius, meningkatkan kesungkanan pembaca untuk berkomentar, dan pertanyaan-pertanyaan mini tadi bagus untuk memecah es (memecah kebekuan dalam diri pembaca) tanpa mereka sadari. Macam dari mengajak pembaca berdialog ini banyak sekali macamnya. Dan saya rada malas mengulasnya di post kali ini... heuheuheu....
  5. Page Views yang Banyak! Tentu saja, karena page views berbanding lurus dengan jumlah komentar. Semakin banyak page views, maka semakin banyak komentar. Nah, ulasan mengenai menaikkan page views di ulasan selanjutnya yah!
  6. Trafik yang Banyak! Ini sama seperti page views di atas. Semakin banyak trafik, ekmungkinan blog dikomentarin juga makin banyak. Nah,mengenai cara menjaring trafik ini, saya akan coba ulas di tulisan mendatang. Ini hal yang sedikit kompleks karena banyak seklai faktor yang harus diperhatikan. Huehuehuehue.... Bahkan hingga tulisan ini dibuat, trafik dari blog ini BELUM PERNAH nembus 500 visitor perhari... Fiuh.... Emang rada sulit hal satu ini.... Huehuehue.... Tapi, saya akan coba ulas semampu saya. Okay!
  7. Membalas Komentar! Ini juga hal yang kedengarannya aneh, tapi ternyata berpengaruh sekali. Dulu, komentar rata-rata di blog ini 40 komentar per post ketika saya rajin membalas tiap komentar yang masuk. Sekarang turun jadi 20-an. Huehueheuehu.... Saya rada malas membalas komen, kecuali yang benar-benar berisi pertanyaan sih. Sori yah.... Huehuehue....
  8. Meng-Update Tulisan Secara Berkala! Tulisan yang terlalu cepat publish dalam sehari, akan mengurangi jumlah komentar per post kita. Hal ini terasa sekali dampaknya ketika acara guest blogging saya masih baru-barunya. Saat itu, author-nya ada 10 (tidak termasuk saya) dan sebagian seneng banget karena di blog ini (katanya) cepet dapet komentar dan komentarnya berbobot (give applaus to all commentator here!). Hingga saat itu, pernah ada 5 post yang di-publish dalam hari yang sama. Akibatnya, komentar menurun dari rata-rata 40 komentar per post, hingga sekitar 15 komentar per post. Saya sih ga masalah karena menyadari segala hal ada akibatnya. Dan beruntung sekarang sudah dapat kami antisipasi. Saya menamakan hal ini dengan ‘Sindrom Jenuh Komen di Blog yang Sama dalam Satu Hari’. Nama yang aneh... wkwkwkwkwk....

Pada akhirnya, jumlah komentar adalah indikator kualitas artikel kita. Semakin baik kualitas sebuah artikel, maka semakin banyak pula komentar, yang merupakan nilai tak langsung dari mutu artikel kita. Dan, jumlah komentar dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti waktu kita mem-publish post tersebut, hari, cuaca, kesibukan pembaca, dan lain-lain. Jadi, jangan patah arang jika komentar anda masih dibawah 10 per post! Okay!

Bagaimanapun, tetep ngepost! Karena dengan banyak berkarya kita baru bisa menciptakan karya terbaik. Tetap semangat untuk para blogger baru! Jika kalian menulis cukup banyak hingga pembaca menemukan satu yang mereka anggap keren, mereka akan dengan senang hati mengomentarinya kok! Itu PASTI! Hueheuheu....

Okay, sekian tulisan dari saya. Semoga ilmu saya yang super sedikit ini ada gunanya buat kalian semua, khususnya yang membutuhkan. Tulisan selanjutnya mengenai menaikkan trafik dan page views, jadi stay tune! Huehuehue....

Salam Pintar!

Mulai sekarang, AlamPintar akan update tiap EMPAT HARI sekali. Jika Anda terlalu sibuk untuk mampir, setidaknya pastikan untuk SELALU BACA artikel keren kami via email. Klik di sini untuk Langganan via E-mail!

Anda diperkenankan MENYALIN tulisan di AlamPintar.org selama menyebutkan SUMBER dan mencantumkan LINK menuju blog ini. Kerugian yang disebabkan karena anda secara salah mengikuti apa yang saya tulis di sini di luar tanggung jawab saya sebagai penulis.