Aturan Menyalin Artikel di Alam*Pintar

Alert Kreatifitas adalah hal yang tak bisa dibeli. Namun, ada beberapa orang yang merelakan salah satu pembeda dirinya dengan anjing peliharaan saya (yaitu kreatifitas) dengan menyalin artikel lain tanpa ijin dari penulisnya. Karena saya orang baik dan tak ingin hal tersebut terjadi pada siapapun, dengan ini saya buat aturan yang tegas, mengikat, dan memaksa bagi siapapun yang ingin menyalin artikel di Alam*Pintar.

Semua tulisan di Alam*Pintar sepenuhnya HAK masing-masing PENULIS yang menuliskannya. Anda diperkenankan secara BEBAS mengutip dan menulis ulang seluruh atau sebagian isi tulisan, dengan catatan MEMBERI LINK pada Alam*Pintar (http://alampintar.blogspot.com/) selaku tempat anda mendapat artikel, dan link kepada penulis -yang bukan hanya Syamsul Alam- dari artikel tersebut. Jadi, HARUS ADA 2 LINK (minimal) jika anda mengutip atau mengambil artikel dari penulis lain di blog ini.

Di saat yang sama, jika Syamsul Alam adalah penulis dari artikel tersebut, maka link yang wajib anda berikan hanya satu yaitu kepada  Syamsul Alam (http://alampintar.blogspot.com/) saja.

Segala bentuk pengambilan artikel, baik sengaja maupun tak sengaja, yang menyalahi aturan ini, merupakan pelanggaran hak cipta, dan saya benar-benar akan membuat anda menyesal akan hal itu.

Ketentuan umum yang sepatutnya dipenuhi adalah:

  • Meminta ijin terlebih dahulu ketika akan mengutip artikel, baik melalui kotak komentar, maupun melalui email.
  • Memberi link kepada blog dan penulis artikel.
  • Artikel hanya digunakan untuk kepentingan NON PROFIT (seperti artikel awal untuk blog baru, bahan referensi tulisan, dan lain-lain.)
  • Link haruslah JELAS, bisa DIBACA, dan berupa TEKS LINK (bukan gambar). Kami tidak mempermasalahkan peletakkan link. Baik langsung di bawah artikel atau di atas sebelum artikel. Link do follow tidak harus, namun akan sangat dihargai sebagai dukungan terhadap blog ini.
  • Segala pelanggaran merupakan pelanggaran hak cipta dan jika tak bisa saya peringatkan secara baik-baik, dengan senang hati saya akan tuntut anda.

Apa yang Bisa Alam Lakukan Terhadap Siapapun yang Mengambil Artikel Tanpa ijin?

Saya selaku pemilik sah artikel akan memperingatkan terlebih dahulu secara halus melalui kotak komentar. Pengingat pertama berupa pertanyaan yang biasanya berbunyi, “Eh, kok artikelnya kembar dengan yang saya tulis yah? Jika mengambil artikel orang lain, minta ijin dulu yah.... Saya tahu tulisan saya bagus, dan anda tak sabar untuk memberitahukannya kepada yang lain, tapi meminta ijin akan lebih baik....” atau semacamnya.

Jika dalam 2x24 jam setelah pengingat pertama tak ada respon sama sekali, pengingat kedua akan berisi kata-kata pedas di kotak komentar. Ga pake contoh yah... heuheuheuheu....

Jika dalam 1x24 jam setelah pengingat kedua masih tak ada respon, saya akan letakkan nama blognya di hall of shame sebagai salah satu orang yang tak lebih cerdas dari si Momo (anjing peliharaan tetangga). Sementara itu, orang saya akan meneror melalui email.

Jika dalam 3x24 jam setelah pengingat ketiga tak ada respon, dengan senang hati saya akan permalukan nama anda di 12 blog saya, 23 akun social bookmark saya, dan 8 forum yang saya ikuti. Di saat yang sama, saya akan minta tolong kepada rekan-rekan internet marketer saya, blogger, alumni Pencinta Wanita, dan lain-lain untuk turut menjelek-jelekkan nama anda dan memastikan bahwa tak ada satupun visitor yang akan berkunjung ke blog anda.

Jika dalam 7x24 jam setelah pengingat keempat tak ada respon, saya akan merayu orang-orang untuk mem-banned blog anda. Jika anda hosting sendiri, dengan senang hati saya akan sewa Eagle Eye (salah satu tim penyedia jasa hacking Indonesia yang sempat membuat CosaAranda [dot] com tak bisa diakses sementara waktu) untuk mengacak-acak data base anda. Toh, dengan 10 juta saja sudah cukup untuk membuat mereka mau bekerja untuk saya. Huehuehue....

Sebenarnya sih, hal-hal diatas tak perlu terjadi jika aturan mudah di atas dipenuhi. Huheuehuehue....

Itu Cuma Gertakan! Bagaimana Bisa Alam Lakukan Semua itu?

Terlepas dari bisa atau tidaknya saya melakukan itu semua, toh itu ‘kan saya lakukan karena saya sayang kalian. Saya terlalu baik hingga tak ingin anda mengambil yang bukan haknya. Cita-cita saya ‘kan mengajak orang lain untuk masuk surga, iya ‘kan? Jadi, menurutlah dengan aturan di atas saat menyalin artikel, dan anda tak perlu berhadapan dengan saya. Dengan sulitnya akses untuk mengambil artikel di sini, ‘kan anda juga lebih tertantang untuk membuat tulisan sendiri yang mungkin jelek, namun lebih orisinal.

Orang pintar bukan langsung menciptakan tulisan baik. Mereka menulis banyak tulisan buruk, dan diantara 10.000 yang buruk itu, mereka akan dapatkan satu yang paling baik. Bukankah Thomas Alpha Edison baru menemukan filamen yang tepat setelah ribuan kali berhasil menemukan filamen yang salah? Menciptakan karya baik tak ubahnya mencari sebongkah emas di antara ribuan batu-batu dan kerikil sungai.

Anda harus terus menyaring pasir dan batunya, agar anda temukan emasnya. Jadi, tetap berkarya, dan ingat, di dunia ini, karya aneh namun orisinal lebih dihargai dibanding karya bagus namun mencontoh.

Salam Pintar!

N.B: Saya punya cukup relasi dan uang untuk melakukan ‘peringatan satu’ hingga ‘peringatan lima’. Coba saja jika mau... hueheuheuheu....

Mulai sekarang, AlamPintar akan update tiap EMPAT HARI sekali. Jika Anda terlalu sibuk untuk mampir, setidaknya pastikan untuk SELALU BACA artikel keren kami via email. Klik di sini untuk Langganan via E-mail!

Anda diperkenankan MENYALIN tulisan di AlamPintar.org selama menyebutkan SUMBER dan mencantumkan LINK menuju blog ini. Kerugian yang disebabkan karena anda secara salah mengikuti apa yang saya tulis di sini di luar tanggung jawab saya sebagai penulis.