Teknik Merebus Katak | Konsep Penting Berubah

boiling frog
Di tulisan sebelumnya, saya sedikit banyak berbicara mengenai kekuatan 'Just do it' untuk berubah. Namun, ada hal yang tak bisa dipungkiri dari proses berubah. Perubahan perlu waktu, dan usaha atau waktu untuk melakukan perubahan itu terkadang sulit dipertahankan. Intinya, konsistensi untuk melakukan sesuatu itu, kadang sulit sekali kita jaga.

Pernahkah anda menghadiri suatu seminar. Sepulang dari seminar, rasanya berapi-api sekali. Ada banyak daftar hal yang harus kita lakukan untuk ini dan itu. Tapi, setelah beberapa hari. Rasanya semangat kita itu gembos. Kita jadi merasa tak semangat jika tak dimotivasi oleh seminar serupa. Kita menjadi melempem dan kehilangan semangat kita yang dulu.

Anda tahu ada yang salah, tapi bingung untuk mengatasinya.......

Hal seperti ini juga sering terjadi pada aku dan semua orang. Tidak cuma seminar. Apapun itu, yang sifatnya memotivasi, jika tak ter-supply pada diri kita secara terus menerus, lama-lama menjadikan kita kembali melempem. Padahal, kita sedang butuh api semangat untuk berubah.

Berita buruknya, kemelempeman ini pasti terjadi, cepat atau lambat. Karena memang kita ini ada simpang siurnya.

Berita baiknya, kita bisa pertahankan semangat kita. Hingga jangka waktu yang kita mau, dan menjadi melempem ketika yang kita mau sudah tercapai. Kedengarannnya asyik 'kan? Huehuehuehu....

Anda tahu cara merebus katak di panci terbuka tanpa membuat katak tersebut melompat dari panci?

Katak yang yang dimasukkan ke dalam air panas guna direbus, tentunya akan meloncat keluar dari panci begitu kakinya tercelup ke air panas. Karena ia KAGET akan perubahan tiba-tiba tersebut.

Sebaliknya, masukkan katak ketika air tersebut masih dingin. Kemudian, nyalakan kompornya dengan api kecil. Tunggu satu setengah jam, dan voila! Anda mendapatkan sup katak!

Manusia pada dasarnya sama dengan KATAK. Manusia akan KAGET terhadap perubahan yang terjadi secara tiba-tiba. Karena ini, ada ATURAN untuk berubah. Yaitu,
  1. KECIL atau SEDIKIT demi sedikit hingga tak terasa, dan...
  2. BERKELANJUTAN. (Camkan satu ini! Ini PENTING!!!)
Otak manusia mempunyai dua komponen penting untuk proses adaptasi, yaitu Broca Region dan Recticular Activating System (RAS). Kedua hal ini menyaring segala hal yang berbeda dan mencari tahu hal berbeda itu, untuk kemudian di jadikan biasa. Namun, jika hal berbeda itu terlampau berbeda, kedua bagian otak ini (Broca dan RAS) akan menolak perubahan tersebut. Tujuannya adalah untuk melindungi diri.

Nah, untuk berubah. Kita harus menjadikan hal BERBEDA itu menjadi BIASA. Dengan membuatnya menjadi tak begitu BERBEDA hingga otak kita TAK merasakannya. Nah, jika kita berhasil membuat otak kita terkecoh, maka PERUBAHAN tadi akan menjadi BACKGROUND sehingga tak akan tersaring kedua bagian itu lagi, dan voila! Kita menjadi sup katak (BERUBAH).

Itu alasan kenapa Robert T. Kiyosaki selalu menganjurkan murid-muridnya untuk memecah tiap tujuan atau mimpi mereka, menjadi mimpi-mimpi yang jauh lebih kecil dan lebih berkelanjutan. Ia juga memaksa kita untuk merubah diri sedikit saja, tak usah terlalu muluk-muluk, dalam jangka waktu 5 hingga 10 tahun.

Lama? Iya! Berubah? PASTI!!! Itulah sedikit hal mengenai pelajaran katak kita hari ini. Masih agak gamang? Mari saya berikan sedikit contoh.

Anda mempunyai perut buncit. Saya berani bertaruh bahwa, jika anda bertekad untuk sit up 50 kali sehari, dalam seminggu anda akan bosan dan letih, kemudian BERHENTI mengecilkan perut anda. Kemudian kembali ke kebiasaan lama anda seperti lihat TV sambil tiduran di sofa dengan teman se kotak kripik singkong atau kentang, sembari berpikir, "aku sudah berusaha keras, istirahat sebentar tak apa-apa" dan voila! Anda sukses membesarkan perut anda!

Saran terbaik untuk mengecilkan perut anda adalah, cari cara mengecilkan perut di blog ini dengan kata kunci 'perut buncit' di kotak pencarian, terapkan ide ringan di sana yang berupa gerakan ringan untuk memutar tubuh anda 10 kali sehari. Lakukan secara terus menerus selama beberapa bulan. Anda bahkan tak akan merasakan bahwa anda tengah mengecilkan perut anda, dan voila! Aku tak percaya bahwa perut anda pernah besar!

Well, bagaimanapun, perubahan membutuhkan HASRAT sebagai bahan bakarnya. Tulisan selanjutnya adalah mengenai menciptakan HASRAT! So stay tune!

Suka dengan tulisan Syamsul Alam? Silahkan Langganan via E-mail biar nggak ketinggalan!

Mulai sekarang, AlamPintar akan update tiap EMPAT HARI sekali. Jika Anda terlalu sibuk untuk mampir, setidaknya pastikan untuk SELALU BACA artikel keren kami via email. Klik di sini untuk Langganan via E-mail!

Anda diperkenankan MENYALIN tulisan di AlamPintar.org selama menyebutkan SUMBER dan mencantumkan LINK menuju blog ini. Kerugian yang disebabkan karena anda secara salah mengikuti apa yang saya tulis di sini di luar tanggung jawab saya sebagai penulis.