Konsep Awal Berubah | Post Pertama Setelah Sakit

mabuk laut
Terhitung sudah hampir 10 hari aku meninggalkan blog ini. Sakit flu ini, meski ga parah-parah betul, benar-benar menghilangkan sense aku. Fiuh... untung ada banyak support dan paksaan untuk nulis dari pesan offline, komen, dan beberapa post dari teman yang isinya mengenai saya. Sampai ketawa saya, wkwkwkwkkwk......

Banyak ungkapan belasungkawa di pesan offline di YM. Banyak yang datang 'melawat' lewat shoutbox. Emangnya aku mati apa??? Nggak rek, Alam cuman sakit badannya dan hatinya. Karena sedang dalam tahap belajar mengatasi kekecewaan, jadi memang test-nya harus seperti ini. Nah, karena yang di test juga masih bocah, lama banget sembuhnya.

Dasar aku ini!!!

Kadang aku ini semangat banget sampai banyak yang merindukan aku. Tapi, kalo sedang dalam masalah, bersembunyi di gua yang dalam seolah nggak pingin di temui. Dasar bocah rewel. Ya sudah, karena sudah terlanjur nulis sedemikian banyak, akhirnya mau nggak mau lanjutin aja deh. Sekalian menyambut kedatanganku setelah vakum beberapa hari. Huheuehuehue......

Beberapa hari ini, ada banyak sekali bahan pelajaran. Entah seberapa besar pelajaran itu bakal memengaruhiku dan kalian, tapi karena sepertinya juga akan bagus untuk kalian semua, saya bakal share juga sedikit di sini.

Mario Teguh, dengan bahasanya yang begitu puitis dan minim, benar-benar menjawab segala permasalahan dengan keren. Satu hal yang keren dari dia, tiap kata-kata untuk memecahkan suatu masalah, tak dikeluarkan semuanya oleh dia. Entah karena lupa, atau karena apa. Ia menjelaskan dengan contoh, terkadang ekspresi, dan itu lebih banyak dari kata-kata.

Namun, karena dia cara memotivasinya seperti itu, ada beberapa teman yang kadang bingung dengan yang Pak Mario Teguh coba utarakan, meski saya takjub sekali dengan cara pikir orang itu dan caranya menyampaikan sesuatu. Ternyata masih ada beberapa teman yang bingung.

Nah, di tiap masalah ada orang yang bisa ambil kesempatan dan menjadikan kesempatan itu peluang untuk mendapatkan sesuatu. Ku lihat, apa yang Mario Teguh coba utarakan tak bisa di serap sepenuhnya oleh banyak orang. Itu masalah dan ini kesempatan buatku untuk menjadikan hal tersebut bahan tulisan untuk blog ini. Huheuehuehue....

Okay, setelah bicara panjang lebar ga karuan, tema kita kali ini adalah mengenai menjadi BAIK.

BURUK -----/----- BAIK
BAIK___________/


Mari kita artikan sedikit coretan di atas. Sedikit menyinggung mengenai perang juga hal di atas ini, dan pandangan pak Mario Teguh mengenai perang yang tak kunjung usai.

Jika masih dalam posisi BURUK (anda bisa menilai diri anda sendiri mengenai hal ini), dan berniat untuk menjadi BAIK, kita tak bisa mempertahankan ke-BURUK-an kita. Cara untuk berubah menjadi baik adalah dengan membuang BURUK karena BAIK = BAIK.

Jadi, gambarnya bukan seperti ini,

BURUK -----=----- BAIK


Karena hal di atas tak mungkin, yang betul adalah.

BURUK -----/----- BAIK
BAIK___________/


Dimana kita harus membuang atau mencoret terlebih dahulu hal buruk kita, setelah kita mengurangi hal buruk yang kita punyai, seperti kebiasaan menunda, merokok, berkelahi, mengumpat, dan lain-lain. Barulah kita menjadi BAIK dan ketika kita BAIK, itulah perubahan!

Jadi, berubah bukanlah mengenai ROCKET SCIENCE, itu hanyalah mengenai membuang hal buruk yang ada pada diri kita. Pak Mario Teguh pernah berkata bahwa perubahan bukanlah pengertian besar, melainkan pengertian kecil yang diwujudkan dengan tindakan.

Menulis seperti saya ini, jika tidak saya wujudkan dalam tindakan, hanyalah bullshit alias sampah alias kotoran kerbau (maaf kalo bahasanya agak kurang sopan). Mengerti mengenai hal ini, mengangguk-angguk tanda paham, dan lain-lain, jika tak di wujudkan dalam aksi nyata, HANYALAH MENJADI KONSUMSI OTAK SAJA. Hanya memperkaya otak kita dengan lebih banyak sampah berharga. Pada akhirnya, pohon (manusia) TANPA buah (aksi) hanya akan DITEBANG!

Jadi, setelah mengetahui apa yang harus kita lakukan, tugas kita yang selanjutnya adalah MELAKUKANNYA.

Mungkin akan terasa sulit dan berat, tapi ada kabar baik mengenai hal ini. Yang terasa berat itu hanyalah di awal. Setelah kita mulai melakukannya dan menyelesaikannya, kita akan berujar, "Ternyata hanya segitu yah?", atau "Enteng yah..." dan ungkapan-ungkapan lain yang menyatakan betapa ringannya kegiatan yang baru saja kita lakukan itu tadi. Jadi ingat iklannya Nike, "JUST DO IT!"

Apapun yang akan anda lakukan untuk berubah, setelah belajar banyak dari sang ahli, mengerti apa yang harus anda lakukan, ingat satu Golden Rules ini, JUST DO IT! Kekecewaan akan datang nanti, kegagalan akan menjadi bumbu, tapi intinya, JUST DO IT dulu, masalah akan kita selesaikan nanti.

Dan dengan berani berubah, anda telah menjadi lebih BAIK.

Tunggu post berikutnya dari Saya mengenai memaksa diri untuk Take Action! So, stay tune!

Suka dengan tulisan Syamsul Alam? Silahkan Langganan via E-mail biar nggak ketinggalan!

Mulai sekarang, AlamPintar akan update tiap EMPAT HARI sekali. Jika Anda terlalu sibuk untuk mampir, setidaknya pastikan untuk SELALU BACA artikel keren kami via email. Klik di sini untuk Langganan via E-mail!

Anda diperkenankan MENYALIN tulisan di AlamPintar.org selama menyebutkan SUMBER dan mencantumkan LINK menuju blog ini. Kerugian yang disebabkan karena anda secara salah mengikuti apa yang saya tulis di sini di luar tanggung jawab saya sebagai penulis.