Menjadi Blogger Idola | Ulasan Mindset Blogger (1)

Fiuh... ini adalah post ke 100! Semuanya ucapkan 'horay'! (Hoorray!!!) Hueuheuheuhe, terima kasih karena kalian sudah dengan setia menjadi pembaca di blog dengan tulisan nggak nggenah di sini. Saya sangat mengapresiasi semua dukungan yang telah kalian berikan kepada saya. Semoga ke depannya, saya bisa menyajikan informasi yang lebih baik, dan lebih baik, dan lebih baik kepada kalian semua. Amien!!!

Nah! Di post yang ke seratus ini, saya akan menyajikan sebuah post khusus pesanan beberapa sahabat blogger baru. Selama ini saya terkesan dengan perkembangan blogger baru, blogger pemula khususnya, dalam meramaikan jagad pebloggeran ini. Saya amati semuanya, dan saya dapati kenyataan bahwa MEREKA AKAN JADI BLOGGER KEREN JUGA PADA AKHIRNYA!

Bahkan saya percaya mereka akan jadi blogger yang tak kalah keren dengan yang telah ada selama ini (meski agak ga enak mengatakannya, tapi saya akui, saya mungkin kalah keren dari mereka suatu saat nanti... hiks-hiks...), dan saya yakin mereka tentu bisa melakukannya, selama mereka tetap bersemangat ngeblog, tetap terus menelurkan ide-ide brilian mereka, dan mau bersabar untuk terus dan terus belajar kepada yang telah menjadi master terlebih dahulu.

Fiuh... sekian pidatonya.... Huehuehue. Okay, post ke seratus ini adalah pemenuhan janji saya kepada blogger-blogger muda yang selama ini telah meramaikan kotak komentar saya. Pertanyaan paling favorit mereka adalah, "Bagaimana sih jadi blogger idola seperti Oom, Mas Cosa, Kang Rohman, Bang Jacky, dan lain-lain itu?"

Whoa! Pertanyaan yang sulit, karena saya sendiri belum setenar mereka. Huehuehue.... Tidak tahu kenapa mereka tanyanya ke saya, nggak langsung ke orangnya. Tapi, karena sudah terlanjur ditanyai, dan saya SUKA SEMANGAT MEREKA, mari saya jawab SEBISA SAYA!

Kemungkinan terbaik dari menggunakan trik di bawah adalah, cuma bakal jadi seterkenal saya (berarti ga terkenal donk???), karena toh tips ini keluar dari saya, BUKAN DARI MEREKA, tapi dari Syamsul Alam sendiri.

Tulisan kali ini akan sangat strict, karena inti dari post ini adalah pelurusan mindset para blogger, khususnya blogger baru. Okay, selesai basa-basinya, mari kita mulai saja....
  1. Menjadi Ahli di Bidang yang Kita Bahas dalam Blog kita! Orang yang terkenal, menjadi terkenal karena mempunyai karisma, karisma ada karena value atau nilai yang terpancar dari orang tersebut. Anda pernah punya teman yang terpintar di kelas anda, dan ia tidak sombong? Anda pasti melihat ada orang-orang di sekelilingnya, yang ada untuk dia, yang belajar padanya, kemudian memuji dan mengelu-elukannya bukan? Itu adalah refleksi dari value positif diri, yang terpancar ke orang lain (lingkungan), dan kembali (sesuai hukum alam) ke dia dalam bentuk positif seperti pujian, sanjungan, dan lain-lain.

    Untuk menjadi blogger idola, kita harus mempunyai VALUE DALAM BIDANG TERTENTU. Banyak yang menyebutnya menjadi ahli di niche blog yang ia buat. Jika ia mempunyai blog tutorial, ia harus KEREN TUTORIAL, contohnya, Oom, Kang Rohman, Kang Jaloe, dan lain-lain yang tak bisa saya sebutkan di sini. Jika ia mempunyai blog dengan niche google adsense, maka ia harus seahli bung Cosa, mempunyai blog internet marketing atau affiliasi, ya harus sepandai bang Zal dan pintar analisis seperti beliau, dan lain-lain yang tentunya anda mungkin lebih tau daripada saya.

    Nah, karena itu, jangan memaksakan diri untuk membuat blog yang tak sesuai dengan kemampuan kita. Saya menyadari bahwa saya kurang pandai mengenai internet marketing dan sedang dalam tahap belajar, di saat yang sama, saya mengagumi Adi W. Gunawan, menggandrungi semua buku-bukunya, dan menulis mengenai otak di sini, tentunya setelah saya belajar dari berbagai sumber. Sehingga, dari sini saya ambil kesimpulan bahwa lebih baik saya mengangkat tema mengenai POLA PIKIR MANUSIA dan PENGEMBANGAN DIRI (yang lebih saya kuasai), dibanding mengangkat topik mengenai internet marketing atau tutorial karena saya memang belum ahli di sana.


  2. Mau Untuk Terus Belajar, baik dari kegagalan, maupun setelah sukses. Mengingat bahwa kiat untuk menjadi blogger idola adalah dengan menguasai suatu bidang (mempunyai value tertentu), maka BELAJAR adalah HAL MUTLAK YANG HARUS TERUS DILAKUKAN. Lihat mbak Cebong Ipiet, ia adalah penelur template yang super keren! Tapi, dia masih terus belajar, misalnya masih rajin mengeksplorasi blog Oom. Begitu juga dengan Kang Jaloe dan Oom, mereka itu kalo urusan tutorial, keren! Tapi, mereka masih sering mengeksplorasi blognya Tante Amanda. Buat apa? Buat terus belajar! Dia terus tinggikan langitnya dengan belajar dari langit lain yang lebih tinggi, karena selalu yakin bahwa di atas LANGIT PASTI MASIH ADA LANGIT!

    Mempunyai pikiran bahwa, diri kita adalah yang terbaik dan berhenti belajar adalah hal yang yang bagus untuk menjadi BLOGGER NON IDOLA. Dan blogger idola yang sudah anda ketahui sekarang ini, tak melakukan itu semua. Di tiap postingan yang anda tulis, yakinlah bahwa masih ada yang tulisannya lebih keren daripada tulisan anda, dan menanggapi tiap komentar serius dari pembaca. KOMENTAR YANG BAGUS ADALAH AJANG BELAJAR TERBAIK. Meski anda mungkin saja kalah omong dengan pembaca anda karena ilmu anda kurang, TERTAWALAH! Karena itu artinya anda menyadari bahwa komentator di hadapan anda lebih pintar dibanding anda, dan anda siap untuk mencuri ilmu mereka. Dan ingat, ilmu yang dicuri tak pernah hilang, jadi guru yang tercuri ilmunya dari anda, tak akan menuntut anda. Huehuehuehue.....

    Di saat yang sama, jangan sampai terlena dengan tiap pujian di kotak komentar. Komen-komen kecil, yang sifatnya memuji, terkadang juga akan membuat kita lena. Yang lebih parah, komen-komen remeh tak memberi anda umpan balik atau feedback untuk membuat anda lebih pandai. Komen ini bagus, enak didengar, singkat kata, ini mungkin titik kesuksesan kecil kita, dan kabar buruknya, komen ini tidak membawa kita menjadi lebih pandai.

    Ada beberapa kemungkinan jika tulisan kita dikomentari dengan komentar yang kurang penting, yaitu:
    • Karena tulisan kita memang kurang penting, sehingga komennya juga ikut-ikut tak penting.
    • Pembaca sedang malas komentar panjang-panjang, entah karena lelah atau apa.
    • Tulisan kita kurang berbobot dan kurang membuat pembaca merasa tertarik, sehingga mereka bosan dengan tulisan kita. (Jadi ingat jika diajar guru yang kurang kompeten)
    • Karena memang setuju dengan tulisan kita dan mengerti bahwa tak ada yang perlu dibenarkan lagi, sehingga komennya hanya singkat.
    • Ilmu pembaca tak setinggi kita, sehingga hanya manggut-manggut dan ikut-ikut setuju.
    • Pembaca sedang maraton dan kita adalah tempat singgah acara blogjogging-nya.
    • Kita telah menjadi blogger idola sehingga memang komen berisi pujian saja yang ada.

    Sayangnya, komentar singkat datang dengan tanpa umpan balik lebih jauh, dan seperti yang kita tahu, leher jerapah tak akan panjang karena ia terus mengamati rumput yang ada di bawahnya. Jerapah berleher panjang karena ia memandang pucuk daun segar yang ada di atasnya, dan berkeinginan untuk memakannya! Jadi, meski banyak komentar yang sifatnya melenakan, jangan terlena dan TERUS BELAJAR!


  3. Menjadi Kreatif dan Berbeda! Blogger keren seperti mas Hakim, mas Ipung, dan lain-lain bukanlah blogger bodoh tidak kreatif yang kerjanya hanya menyalin artikel orang lain dan berteriak-teriak, "Ini artikel buatanku!!!" Mereka adalah orang yang mengorbankan piiran, waktu dan tenaga mereka, untuk sekedar merangkai kata-kata di blognya, agar manis, berbobot, memiliki daya pikat, dan BERBEDA! Mereka menggunakan otak mereka sendiri, bukan otak orang lain, dan mereka benar-benar menjadi keren dengan itu!

    Manusia diciptakan berbeda, dan manusia indah ketika berbeda dengan yang lain. Kenapa orang Bali tak mengunjungi Pantai Kuta sering-sering? Karena mereka bisa mengunjungi tempat itu kapan saja! Sementara itu, kenapa turis, baik lokal maupun manca negara, selalu kebelet untuk ke sana, dan menikmati waktu mereka dengan sebaik mungkin di sana? Karena mereka tak bisa selamanya di sana! See? Hal yang tak bisa dinikmati setiap hari akan lebih digandrungi! Jadi, jika kita menjadi berbeda, kita tak sama dengan yang lain, dan kita akan lebih DIGANDRUNGI!

    Orang yang BERBEDA dan KREATIF, tau benar membuat orang tertarik dengan mereka. Yaitu memberikan yang tak biasanya kepada orang lain. Memberikan hal yang BERBEDA. Yang menjadi ciri khas mereka! Caranya, tentunya dengan menulis dengan gaya mereka dan menghormati artikel orang lain dengan tidak menyalinnya. Alih-alih menyalin, mereka menjadikannya bahan pelajaran, dan menuliskan hal yang sama, namun dengan versi berbeda di blog mereka. Ini menjadikan mereka lebih berkembang, dan mendekatkan diri kepada title 'Blogger Idola'.

Tulisan ini masih panjang, dan masih akan ada lanjutannya.... Rencana akan selesai dalam tiga sesi, total 3 hari, dan ini masih abgian pertamanya. Menjadi blogger Idola bisa, namun akan sangat panjang jalannya, jadi harap bersabar dengan panjangnya sekuel tulisan kali ini.

Yang terakhir dan yang paling penting, stay tune!

Suka dengan tulisan Syamsul Alam? Silahkan Langganan via E-mail biar nggak ketinggalan!

Mulai sekarang, AlamPintar akan update tiap EMPAT HARI sekali. Jika Anda terlalu sibuk untuk mampir, setidaknya pastikan untuk SELALU BACA artikel keren kami via email. Klik di sini untuk Langganan via E-mail!

Anda diperkenankan MENYALIN tulisan di AlamPintar.org selama menyebutkan SUMBER dan mencantumkan LINK menuju blog ini. Kerugian yang disebabkan karena anda secara salah mengikuti apa yang saya tulis di sini di luar tanggung jawab saya sebagai penulis.