Enam Cara Menulis Master Piece | Panduan Menulis Profesional

pen and paper Barusan, ada yang menyapa via YM dengan sapaan yang aneh. "Lam, tulisan kamu itu nyontek buku atau asli sih?" Saya ketawa mendengar terusan 'sapaannya' ketika ia berkata bahwa yang aku tulis bagus. Maksudku, ternyata di dunia ini ada yang mengira kalau aku mencontek buku dulu baru bisa menulis bagus.

Sebenarnya, bagaimana sih cara menulis yang baik itu? Tulisan seperti apa yang dipandang master piece itu? Tanpa bermaksud membanggakan diri, berikut ini adalah hal-hal yang saya lakukan, yang MUNGKIN dapat memperbaiki kualitas tulisan dan membuat tulisan Anda benar-benar seperti yang Anda mau.

  1. Membaca banyak buku. Ini kesukaan saya. Membaca buku membuat saya merasa kaya dan menuliskan kesimpulan dari tukar pikiran antara aku dan penulis merupakan ajang aktualisasi diri saya. Saya percaya diri saat menulis, karena saya sudah membaca banyak tulisan orang dan mengerti gaya tulisan mana yang menurut saya enak dibaca atau yang tidak.
  2. Mempunyai topik yang seru. Semua penulis keren menuliskan hal keren dan keren bersifat relatif. Artinya, kau bisa tuliskan apapun yang kamu anggap keren, dan tulisanmu keren karena kamu suka menuliskannya. Misalnya, saya menganggap keren topik seperti popular science, mind technology, relationship, motivation, business, internet marketing, blogging, pengembangan diri, dan politik. Dan ketika saya menuliskannya, saya menganggap tulisan saya keren dan secara ajaib orang lain juga merasakan hal yang sama!
  3. Rajin melatihnya. Ingat teori menambang emas? Thomas Alpha Edison menemukan filamen yang tepat setelah 9999 kali menemukan filamen yang tidak tepat. Jangan berkecil hati, jika tulisan hari ini tidak sebagus yang kamu harapkan, kamu sedang dalam jalan menuju 'membuat tulisan bagus'. Kamu hanya harus terus menambang dan membuang pasirnya. Pada akhirnya, kamu pasti akan temukan emas milikmu.
  4. Memiliki pikiran terbuka. Saya percaya dengan gagasan bahwa pikiran seperti parasut. Pikiran hanya bekerja jika terbuka. Saya tak pernah membatasi guru dan ilmu yang saya pelajari. Saya belajar dari internet marketer luar, juga internet marketer dalam negeri. Belajar dari internet marketer senior, juga dari internet marketer muda atau junior. Belajar dari kapitalis berikut belajar dari sosialis. belajar dari orang pesimis, berikut belajar dari orang optimis. Belajar cara mencuri, juga belajar cara menghukum. Semua ilmu itu baik, manusia yang menjadikannya buruk. Dan selama aku jadi anak baik, aku berhak belajar semua ilmu.
  5. Menyediakan waktu bagi diri sendiri. Secara pribadi, menulis merupakan hal yang sakral. Tulisan bagus lahir dari jiwa dan pikiran yang tenang. Dan itu ada ketika aku menyempatkan waktu untuk diriku sendiri. Aku menyediakan snack dan banyak air putih. Berpikir sebelum menulis, memeriksanya, dan berpikir ulang selesai menulis. Tak harus seperti itu untuk tiap tulisan. Khusus tulisan panjang seperti ini saja yang butuh persiapan seperti itu. Namun, hal seperti snack dan suasana nyaman membuatku ketagihan menulis tulisan panjang. Itu sesuatu yang mungkin tak bisa kau mengerti jika tak kau alami sendiri.
  6. Karena aku merasa aku suka menulis. Ya, yang ini mungkin terdengar egois. Tapi pernyataan tanpa sanggahan seperti ini merupakan motivasi terkuat kenapa aku menulis dan dengan drastis meningkatkan kualitas tulisanku. Seandainya aku tak mencintai aktifitas ini, aku tak yakin bisa menuliskan post dengan judul 'Enam Cara Menjadikan Tulisanmu Master Piece!'

Yups, aku yakin ada banyak sekali cara untuk menjadikan tulisan kita lebih baik. Jika kau punya sesuatu di pikiran, keluarkan dan bagikan dengan semuanya dengan menuliskannya di kotak komentar. Ini ajang latihan meulis juga, lho...

Aku menunggu 10 komentar agar post selanjutnya bisa kumunculkan. Dan post selanjutnya berisi bingkisan yang tak mungkin bisa kamu tolak.

Sekian dari saya. Semoga bermanfaat, Salam Pintar!

P.S: Salah satu tulisan TERBAIK saya yang tak akan pernah kamu temukan di blog ini, ada di sidebar dan hanya tersedia untuk Subscriber. Pastikan kamu jadi salah satu yang membaca tulisan saya, ‘10 ALASAN MENGAPA AKU BENCI BLOGMU!!’

Mulai sekarang, AlamPintar akan update tiap EMPAT HARI sekali. Jika Anda terlalu sibuk untuk mampir, setidaknya pastikan untuk SELALU BACA artikel keren kami via email. Klik di sini untuk Langganan via E-mail!

Anda diperkenankan MENYALIN tulisan di AlamPintar.org selama menyebutkan SUMBER dan mencantumkan LINK menuju blog ini. Kerugian yang disebabkan karena anda secara salah mengikuti apa yang saya tulis di sini di luar tanggung jawab saya sebagai penulis.