Cara Membuat Tulisan yang Menarik dan Menggugah (1)

pencil and paper Membuat tulisan yang menarik dan menggugah itu keren. Kamu menulis, dan kamu dapatkan reaksi yang kamu mau. Itu seperti ilmu hipnosis tidak langsung. Kamu tuliskan yang kamu mau. Kamu dapatkan yang kamu mau. Hanya saja, saya rasa tidak banyak penulis yang punya bakat alam untuk membuat tulisan yang sangat menggugah dan membangkitkan imajinasi seperti J.K Rowling atau Andrea Hinata. Namun, seperti bersepeda. Meski tidak semuanya bisa mengendarai sepeda roda satu, saya rasa SEMUANYA bisa mengendarai sepeda roda dua.

Saya kemarin berjanji untuk menulis post yang topiknya mengenai “Menulis seperti Syamsul Alam”. Namun, sepertinya saya harus mengganti hal itu dengan berbagai alasan. Tulisan kali ini tidak mengenai menulis sehebat J.K Rowling, yang menulis cerita layaknya mengendarai sepeda roda satu. Tulisan saya kali ini mengenai menulis tulisan yang bersifat menggugah, namun pasti bisa dipelajari oleh semuanya, layaknya bersepeda dengan dua roda.

Prinsip pertama yang harus anda ketahui sebelum anda menulis adalah, bahwa tulisan ada untuk dipindai oleh mata, dan dibayangkan dalam otak. Karena kita mengerti bahwa pada akhirnya OTAKLAH yang mengerjakan semuanya, otomatis kita harus menggunakan bahasa otak alih-alih bahasa manusia. Dan karena kita akan MEMBUAT TULISAN YANG MENGGUGAH, kita harus masukkan unsur emosi dalam tulisan kita. Sampai sini paham anak-anak?

Jadi pertanyaannya sekarang, apa itu bahasa otak?

Bahasa otak adalah GAMBAR atau CITRA. Hampir seluruh hidup kita kita habiskan dengan melihat obyek bercitra atau gambar. Lebih sering mana anda melihat komputer daripada melihat tulisan ‘komputer’? Saya rasa semua sudah tahu jawabannya. Hanya karena mata kita terbiasa dengan gambar dan bukan dengan tulisan, otomatis tulisan yang meraih perhatian tertinggi dari otak adalah tulisan yang MENGGAMBARKAN.

Coba bandingkan tulisan berikut...

Toni sedang marah dan akan berkelahi.

Dengan yang satu ini...

Wajah Toni memerah. Giginya terdengar bergemeletuk diiringi suara dengusan dari hidungnya. Tangannya mengepal erat siap memukul bajingan itu.

Sekarang bandingkan yang ini...

Gadis itu menangis.

Dengan yang satu ini...

Wajahnya gadis itu tertunduk. Airmata satu persatu berjatuhan di pipi putihnya. Ia menggigit bibir bagian bawahnya sembari terisak dengan suaranya yang parau.

Kelihatan ‘kan bedanya? Marah adalah kata-kata buatan manusia. Sebenarnya kita tidak pernah melihat orang marah atau kemarahan secara langsung. Jika kita melihat orang mengumpat dengan suara keras, otak kita menafsirkan perilaku tersebut sebagai MARAH. Ketika kita melihat gadis kecil yang menjerit kepada ibunya sembari mungkin memukul-mukulkan bonekanya, otak kita akan menafsirkan bahwa gadis kecil itu sedang MARAH.

Jadi, otak melihat peristiwa yang tergambar, kemudian menyimpulkan. Begitu pula seharusnya tulisan yang menarik itu!

Tapi, saya tidak setiap hari bisa membuat tulisan seperti itu!

Ah... nggak juga. Seperti bersepeda, awalnya mungkin sulit dan sering jatuh. Lama-lama juga terbiasa. Semua penulis hebat seperti J.K Rowling ada dengan tersandung-tersandung dulu dengan banyak kali ditolak oleh penerbit. Yang terpenting adalah selalu berusaha.

Ingat prinsip menambang emas. Mengambil banyak pasir, menyaring, dan mendapat emas. Hal yang sama berlaku pula untuk kita. Menulis banyak post. Pasti dari banyak itu ada satu yang paling bagus. Edison juga menciptakan ribuan filamen yang tak cocok dengan lampu dahulu ‘kan sebelum menemukan filamen yang tepat untuk lampu.

Nah, itu tadi adalah sedikit tips membuat tulisan yang menarik. Untuk membuat tulisan yang yang menggugah, anda perlu sedikit bakat memotivasi. Karena tujuan utama dari membuat tulisan yang menggugah adalah MENGGUGAH orang yang sedang LUPA untuk KEMBALI INGAT akan hal yang SEHARUSNYA DILAKUKANNYA. Tentu saja akan saya berikan tipsnya. Namun, tidak sekarang, melainkan besok. Hehehehe....

Tetep penasaran, sehingga bisa selalu stay tune di Alam*Pintar. Salam Pintar!

Mulai sekarang, AlamPintar akan update tiap EMPAT HARI sekali. Jika Anda terlalu sibuk untuk mampir, setidaknya pastikan untuk SELALU BACA artikel keren kami via email. Klik di sini untuk Langganan via E-mail!

Anda diperkenankan MENYALIN tulisan di AlamPintar.org selama menyebutkan SUMBER dan mencantumkan LINK menuju blog ini. Kerugian yang disebabkan karena anda secara salah mengikuti apa yang saya tulis di sini di luar tanggung jawab saya sebagai penulis.