Alasan Alam Nge-Blog...

Hmmmmmm....... Saya mau posting biar blog ini nggak basi... tapi, kadang saya super bingung mau ngepost apa. Karena saya masih awam dan baru di dunia pe-blogger-an, terkadang, masih ada perasaan gimana gitu, jika mau mengangkat suatu topik.... Sudah dibahas sama orang lain, lah... minder, lah... merasa bahwa gaya tulisan sendiri buruk, lah... dan lain-lain yang pasti juga dipikir oleh seorang blogger amatir seperti aku.

Padahal, jika saya mau mikir lebih dalam, gaya tulisanku itu, lho... bagus... (narcisnya dan gilanya keluar). Maksudku, lumayan berbeda gitu loh sama orang lain, dan topik yang saya bahas juga topik yang tidak umum. Seharusnya saya ini lebih PD lagi, 'khan, dalam nge-blog? Tapi entah kenapa... Meski Oom dalam tulisannya yang ini, telah memberi wejangan untuk tetap PD pada blogger-blogger muda, tapi, entah kenapa rasanya... masih ada yang rada mengganjal.

Untungnya kemarin ketika saya shalat tarawih, saya sedikit banyak mendapat ilham (aslinya sih karena mikir kesana kemari dan gak khusyuk). Di pikiran ini ada beberapa kata-kata yang 'melayang' dan menguatkanku untuk tetap semangat nge-blog. Beberapa kata-kata ajaib itu yang mungkin masih bisa saya ingat....

"Ilmu itu nggak berguna jika tak dituliskan, Lam! Meski yang kutulis ini bukan ilmu-ilmu amat, tapi ada beberapa orang yang mengagumi gaya tulisanmu, dan dapat 'sesuatu' dari tulisanmu ini!"

"Orang itu baru berguna jika mengamalkan ilmunya, Lam! Jika kamu nggak menulis, gunamu itu lho, apa?"

"Segalanya pasti ada gunanya, Lam! Apa yang kamu tulis, juga tak mungkin tak ada gunanya bagi orang-orang!"

"Semuanya itu butuh proses, Lam... rileks aja dan terus nge-blog... nanti pasti ada ide untuk ditulis..."

"Kamu itu gaya pake bingung segala... Ini blog, kan Personal Weblog! Jadi suka-suka kamu mau kamu tulisi apa! Asal tak mengganggu orang banyak, blog ini milikmu sepenuhnya!"

"Kamu itu ngeblog bukan untuk mendapatkan Page Rank, Lam! Bukan juga biar trafikmu tinggi... Kamu itu seharusnya nge-blog, karena kamu mau! Bukannya karena 'dipaksa' supaya ada orang yang mau mampir kesini!"

"Setiap orang ada spesialisasinya sendiri, Lam! Kamu itu Spesial! Kamu menulis yang nggak ditulis orang lain! Ini sudah lebih dari cukup untuk di-publish!"

"Jika ada yang komentar buruk dengan tulisan yang kamu buat, yang komentar itu, lho... siapamu??! Dia itu bukan siapa-siapa, dan tulisannya belum tentu sebaik dirimu... Jadi tinggal dengarkan dan perbaiki kesalahanmu! Nggak usah terlalu dimasukin hati yang diomong ama dia!"

"Efek samping dari nge-blog itu lho, lebih banyak positif daripada negatifnya, jadi teruskan!"

"Kalo bukan kamu, yang membuat tulisan nggak penting di dunia pe-blogger-an Indonesia, lalu, siapa?"

"Salah satu cita-citamu untuk jadi orang terkenal, dan blog salah satu cara untuk mewujudkannya!"

"Kalo kamu nggak nge-blog, semua nama di blogroll itu kamu nggak ada yang kenal! Sudah ada berapa nama yang kamu kenal semenjak kamu nge-blog? Coba di dunia nyata yang sempit, punya kenalan banyak itu nggak segampang jika lewat blog!"

"Lakukan sesukamu! Jika kamu mau nge-post, nge-post lah! Jika cuman mau ngedit template, edit lah! Dan jika hanya mau jalan-jalan nggak karuan sambil baca postingan punya orang, googling dan blogwalking, lah! Kamu punya internet untuk belajar dan semua cara yang aku sebutkan diatas itu salah satu cara belajar!"

"Orang paling melankolis di dunia pebloggeran itu kamu! Kamu punya kekuatan untuk menggugah! Jadi kalo bukan kamu, siapa lagi?!"

"Alampintar ada karena pemilik (Alam) itu orang yang pintar. Jika kamu merasa bodoh karena minder dengan macem-macem, ganti AlamPintar.blogspot.com jadi alambodoh.blogspot.com!"

Dan, gejolak di pikiranku berhenti.... Hahahahaha..... Untung aku tahu, kepercayaan-kepercayaan negatifku sebelumnya itu, yang membuatku minder ngeblog, bisa di-uninstall. Karena bagaimanapun, aku adalah pemilik diriku sendiri. Rupa dari dunia yang fana ini, pada hakikatnya terbentuk karena belief-belief yang ada. Selama aku terus berpikir positif, dunia ini akan menjadi sepositif yang kumau!

Dan belief itu tercipta karena pengalaman buruk kita di masa lalu, jadi cara termudah menghilangkannya adalah, kembali ke masa lalu, dan perbaiki pengalaman itu! Tak ada lagi pengalaman buruk di hidupmu, dan dunia jadi seindah harapanmu!

Jadi.... bagi yang masih minder dan masih tidak se-PD saya, renungi lagi deh, alasan kamu ada...

Mulai sekarang, AlamPintar akan update tiap EMPAT HARI sekali. Jika Anda terlalu sibuk untuk mampir, setidaknya pastikan untuk SELALU BACA artikel keren kami via email. Klik di sini untuk Langganan via E-mail!

Anda diperkenankan MENYALIN tulisan di AlamPintar.org selama menyebutkan SUMBER dan mencantumkan LINK menuju blog ini. Kerugian yang disebabkan karena anda secara salah mengikuti apa yang saya tulis di sini di luar tanggung jawab saya sebagai penulis.