Ganesha hal. 33 (Ini tugas Sekolah, lho...)

Kita kembali ke tugas nih...... tehehehe..... sekolah kok penuh dengan tugas.

(Ya gak pa-pa biar muridnya gak nganggur...) tehehehe.... bener kali ya... Anyway, let's go to our next task. Ganesha halaman 33 is coming....

Sebelum itu, bagi sesama blogger yang ingin tuker-tukeran link, klik 'link to me' di dasar blog ini. Report di Shout box dan pasti ku link balik deh!

Tehehehe.... kok jadi ngelantur....

Soal 1
Sebutkan beberapa cara penyambungan kabel UTP pada konektor RJ-45 dan fungsinya!

Cara penyambungan kabel UTP pada konektor RJ-45 ada 2 macam, antara lain:
a. Penyambungan Kabel secara Crossover (silang)



Perbedaannya terdapat pada nomor 1-3 dan 2-6 yang ditukar atau disilang. Gunanya adalah untuk penyambungan uplink antar-switch, dari hub ke hub lain, dari PC ke PC lain (antara dua komputer tanpa hub/switch) atau dari router interface ke router interface lain.

b. Penyambungan Kabel secara Straight
Penyambungan kabel UTP pada konektor RJ-45 adalah sebagai berikut:
*jingga-putih
*jingga
*hijau-putih
*Biru
*Biru-putih
*Hijau
*Coklat-putih
*Coklat

Gunanya adalah untuk penyambungan dari router ke hub / switch, dari server ke hub/switch, atau dari workstation ke hub/switch.

Soal 2
Sebutkan 3 kelebihan topologi star dibandingkan topologi bus!
Kelebihan topologi star dibandingkan topologi bus antara lain :
a. Topologi star langsung menghubungkan setiap komputer langsung ke pusat sehingga tidak perlu berhubungan dengan komputer lain.
b. Cepat berhubungan dengan pusat (server) sehingga kontrol data dapat dilakukan dengan cepat karena terpusat di server. Serta tidak mengganggu bagian jaringan lain.
c. Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan.
d. Adanya kemudahan pengelolaan jaringan.
e. Paling fleksibel karena tiap komputer dapat menggunakan jaringan tanpa menunggu perintah server.

Topologi star lebih baik daripada topologi bus karena topologi bus memiliki kelemahan antara lain:
a. Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil.
b. Kepadatan lalu lintas.
c. Apabila salah satu client rusak maka jaringan tidak bisa berfungsi.
d. Diperlukan repeater untuk jarak jauh.
e. Tidak dapat digunakan pada jaringan yang terdiri atas banyak komputer.

Soal 3
Sebutkan bahan-bahan untuk membentuk jaringan komputer dengan topologi bus!
Bahan-bahan untuk membentuk jaringan komputer dengan topologi bus:Pada topologi ini semua sentral dihubungkan secara langsung pada medium transmisi dengan konfigurasi yang disebut Bus. Transmisi sinyal dari suatu sentral tidak dialirkan secara bersamaan dalam dua arah. Hal ini berbeda sekali dengan yang terjadi pada topologi jaringan mesh atau bintang, yang pada kedua sistem tersebut dapat dilakukan komunikasi atau interkoneksi antar sentral secara bersamaan. topologi jaringan bus tidak umum digunakan untuk interkoneksi antar sentral, tetapi biasanya digunakan pada sistem jaringan komputer.
1.Komputer (>2)
2.Hub/switch
3.Kabel UTP yang ujungnya terpasang konektor RJ-45- LAN Card/NIC on board.
4. Sebutkan manfaat jaringan komputer lokal!

Manfaat jaringan komputer lokal:Jaringan Komputer pada dasarnya adalah untuk berbagi/sharing, dapat berupa sharing data maupun berbagi perangkat. Dengan Jaringan Komputer dapat dimungkinkan untuk menggunakan satu alat yang dipakai oleh banyak orang, seperti contohnya: Printer. Selain itu, dengan Jaringan, data dari satu komputer bisa dengan mudah diakses oleh komputer lain. Data dapat diakses dari semua client menurut sekuritas dari semua karyawan sehingga keamanan data terjamin. File yang keluar masuk server dapat diatur dan resiko kehilangan data oleh virus komputer menjadi kecil. Hasilnya, Jaringan Komputer membuat bisnis menjadi lebih murah (lebih sedikit perangkat), dan lebih efisien (lebih mudah mengakses data).

Soal 5
Sebutkan 2 persyaratan minimal untuk koneksi internet dengan saluran komunikasi telepon!
Dua persyaratan minimal untuk koneksi internet dengan saluran komunikasi telepon:
1.Tersambungnya modem ke saluran telpon
2.Adanya ISP

Mulai sekarang, AlamPintar akan update tiap EMPAT HARI sekali. Jika Anda terlalu sibuk untuk mampir, setidaknya pastikan untuk SELALU BACA artikel keren kami via email. Klik di sini untuk Langganan via E-mail!

Anda diperkenankan MENYALIN tulisan di AlamPintar.org selama menyebutkan SUMBER dan mencantumkan LINK menuju blog ini. Kerugian yang disebabkan karena anda secara salah mengikuti apa yang saya tulis di sini di luar tanggung jawab saya sebagai penulis.