Tidur tak nyenyak? Anda perlu baca ini...

Tidur? Membayangkannya saja sudah membuat kita merasa nyaman apalagi jika tidur di saat benar-benar lelah, waaaaaaahhhh... Beralas lantai pun pasti tidur 'kan terasa sangat nikmat... Selain itu, tidur ternyata bisa berfungsi sebagai olahraga dan diet yang baik. Tidur adalah penetral tubuh dan otak setelah seharian beraktivitas.

Meski demikian, tak sedikit dari manusia di dunia ini yang masih tak nyaman dengan tidurnya. Pasti sengsara rasanya jika dari tidur malah bermimpi buruk atau tubuh tak sesegar yang diharapkan. Bagi yang kesulitan tidur, tenang saja.... di sini ada beberapa tips untuk mengatasi hal tersebut:
  • Hindari kafein, apalagi alkohol. Minum kopi memang enak dan memberikan rasa nyaman. Apalagi jika kita berniat untuk melekan karena ingin menonton bola, kopi pasti menjadi salah satu teman setia. Tetapi kafein adalah stimulan, selain itu, tubuh kita akan meminta jatah tidur lebih, karena jam tidur yang seharusnya telah kita kurangi dengan begadang. Hasilnya, tidur yang super tak nyaman dan tubuh nyeri ketika bangun tidur. Alkohol terlebih lagi, ia membuat kita sering terbangun, dan menimbulkan rasa pusing di pagi harinya.
  • Kurangi merokok, atau jika bisa jangan merokok! Rokok juga merupakan stimulan. Semakin dini anda tak merokok, semakin baik pula kualitas tidur dan kesehatan anda.
  • Memiliki jadwal tidur yang pasti. Tubuh mempunyai jam biologis. Hal ini mengatur kapan waktu untuk tidur, dan kapan waktu untuk beraktifitas. Jam ini terbentuk dari kebiasaan atau jadwal tidur kita. Jika kita tak mempunyai jadwal tidur yang tetap, jam biologis ini bisa kacau, dan mengakibatkan tubuh terasa tidak fit sepanjang hari.
  • Olahraga secara rutin dan teratur. Olahraga penting untuk menyegarkan tubuh dan otak, sehingga kita bisa tidur lebih nyaman.
  • Makan teratur dan banyak minum air putih di pagi hari. Hal ini penting, karena perasaan kenyang membuat kita tak tergoda untuk bangun malam dan mengambil cemilan di kulkas. Tubuh yang dehidrasi juga menurunkan kualitas tidur. Tapi hati-hati, terlalu banyak minum di malam hari bisa berakibat 'fatal'!
  • Perbanyak konsumsi buah bervitamin C. Buah yang mengandung vitamin C menurunkan kemungkinan terkena penyakit. Kita takkan tidur nyenyak jika flu, 'kan?
  • Memaafkan orang lain dan sabar dengan ujian hidup. Memangnya ada pengaruhnya? Tentu ada! Pendendam dan orang stress takkan mungkin bisa tidur nyenyak!
  • Rileks! Ini penting... berdoa sebelum tidur, minum segelas air sebelum tidur, mencuci wajah, menyikat gigi, mencuci tangan dan kaki, mandi air hangat, dan menarik napas panjang adalah kiat untuk rileks sebelum tidur. Dengan perasaan rileks, kualitas tidur tak mungkin tak meningkat!
Sekian tipsnya, dicoba ya!

Mulai sekarang, AlamPintar akan update tiap EMPAT HARI sekali. Jika Anda terlalu sibuk untuk mampir, setidaknya pastikan untuk SELALU BACA artikel keren kami via email. Klik di sini untuk Langganan via E-mail!

Anda diperkenankan MENYALIN tulisan di AlamPintar.org selama menyebutkan SUMBER dan mencantumkan LINK menuju blog ini. Kerugian yang disebabkan karena anda secara salah mengikuti apa yang saya tulis di sini di luar tanggung jawab saya sebagai penulis.