Kenapa Komentar itu Penting (Menurut Saya) | Tantangan 07

Shouting_Man_Cartoon Akhir-akhir ini saya teriak-teriak terus, ayo komentar, komentar, komentar. Sampai ada yang bilang saya nge-blog ga ikhlas cuman buat komentar....

Berkomentar itu penting lo! Tidak ada yang mau menulis jika akhirnya tulisannya itu tidak dibaca. Semangat blogging itu di komunitasnya, di berbaginya. Jika tulisannya tidak dibaca siapa-siapa, meski dia menulis sampai gila juga, dia belum bisa dikatakan berbagi.

Itu satu alasan kenapa berkomentar itu penting. Dengan berkomentar, Anda menunjukkan bahwa Anda telah MEMBACA dan sedang MENGHARGAI karya penulis.

Tapi, menulis komentar untuk semua tulisan yang kita baca 'kan capek?

Eits, ya ga semuanya donk...

Biasanya saya tidak berkoemntar pada post yang berisi berita. Menurut saya, jelas... berita tidak perlu dikomentari. Anda boleh mengomentari isi berita, namun saya pribadi (biasanya) tidak melakukannya.

Ada banyak alasan. Pertama karena penulis seperti itu memang pada awal niatnya bukan unutk membangun komunitas. Jika yang jadi tujuan Anda adalah membuat komunitas atau jaringan yang solid antar sesama blogger, berkomentarlah pada blogger yang punya tujuan sama.

Nah, untuk mencari blogger dengan tujuan mencari teman itu gimana caranya? Lihat saya dari gaya tulisannya. Ia mengajak berteman apa tidak? Apa dalam tulisannya ia mengajak kita berpartisipasi?

Bacalah koran. Kemudian baca post-post saya. Anda akan langsung menemukan perbedaan antara blogger yang niat awalnya membangun komunitas seperti saya, dan penulis yang memang ingin menulis berita di blog. Ini beda lo ya....

Penulis berita di blog sedari awal tidak ingin membangun komunitas, so ada atau tidak ada komentar dalam blog mereka, mereka tidak terlalu peduli. Dan ia tidak menjadikan komentar sebagai tolak ukur pencapaian tujuan mereka.

Sementara, untuk blogger yang niatnya mencari teman, berbagi, membangun komunitas, berkomentar menjadi sangat penting. Karena jumlah komentar secara tidak langsung menunjukkan seberapa berhasil dia membangun komunitas di dalam blognya.

Itu kenapa saya teriak-teriak kepada Anda untuk berkomentar di blog ini. Karena memang saya mengukur keberhasilan saya dalam menjaring teman melalui jumlah komentator aktif di blog saya.

Minimal, berkomentarlah pada blogger yang secara aktif meminta Anda untuk berkomentar di blognya deh....

Post ini masih ada lanjutannya... tapi sementara ini sekian dulu, okay... Besok kita perayaan sedikit karena saya diterima di UNAIR. Dan besoknya lagi post lanjutan dari ini, setuju?

So, Salam Pintar! (Aku hargai sekali jika Anda mau berkomentar setelah membaca post ini... hahaha....)

Mulai sekarang, AlamPintar akan update tiap EMPAT HARI sekali. Jika Anda terlalu sibuk untuk mampir, setidaknya pastikan untuk SELALU BACA artikel keren kami via email. Klik di sini untuk Langganan via E-mail!

Anda diperkenankan MENYALIN tulisan di AlamPintar.org selama menyebutkan SUMBER dan mencantumkan LINK menuju blog ini. Kerugian yang disebabkan karena anda secara salah mengikuti apa yang saya tulis di sini di luar tanggung jawab saya sebagai penulis.