Es Krim, Kepepet, dan Deadline | Tantangan 03

party-time-icecream Ketika saya kecil dulu, saya suka sekali es krim. Sialnya, rumah saya berada di pojok sebelah barat, sementara toko es krim berada di pojok sebelah timur.

Di tengah-tengah, ada rumah orang kaya yang memelihara anjing besar. Hm... mungkin anjingnya tidak terlalu besar, tapi Anda tahu sendiri 'kan, anjing yang menggonggo itu suka bikin kaget. Jadi, dulu saya yang masih TK wajar kalau takut jika harus mendengar gonggongan anjing.

Tapi, yah namanya suka es krim, tentu saja apa saja saya belain buat beli es krimnya, ya 'kan?

Yang saya lakukan dulu adalah merapat ke tembok, berjalan miring perlahan, dan berdoa berkali-kali di dalam hati. Tentu saja dengan harapan bahwa si anjing tidak tahu kalau saya lewat.

Saya melakukan hal tersebut selama kurang lebih dua puluh menit, kemudian berlari ke toko es krim, beli es krim, makan es krim di sana, dan pulang dengan cara yang sama.

Saya tidak menceritakan kisah memalukan saya di waktu kecil untuk membuat Anda tertawa, saya baru tahu bahwa MANUSIA bisa melakukan HAL APAPUN, ketika dia KEPEPET.

Anda sering 'kan, lihat di koran cerita mengenai ibu-ibu yang bisa mengalahkan sekelompok pencopet karena kepepet. Atau orang yang makan kecoa atau cacing menjijikkan di Fear Factor karena kepepet dan butuh uang.

Kepepet benar-benar bekerja seperti mantra jika kita bisa gunakan secara benar.

Anda juga bisa gunakan ilmu ini untuk produktivitas Anda lo...

Percaya atau tidak, waktu yang kita keluarkan untuk menyelesaikan sesuatu, sesuai dengan waktu yang kita sediakan untuk mengerjakan hal tersebut.

Awalnya, saya mungkin butuh 30 - 45 menit untuk menulis artikel seperti ini. Namun, dengan teknik kepepet ini saya bisa mengkompres waktu tersebut menjadi 20 menit hingga 15 menit.

Kenapa? Simpel... karena sebelumnya saya tidak membuat deadline, saya menyediakan waktu SELAMANYA untuk menulis artikel ini, saya tidak membuat diri saya dalam kondisi kepepet, jadi saya santai dalam mengerjakannya. Karena santai, saya jadi kurang fokus, dan karena kurang fokus, banyak waktu yang terbuang...

Sementara, ketika saya membuat deadline, menyediakan hanya 20 menit untuk mebuat artikel, memasang countdown besar di komputer yang menghitung mundur detik yang saya habiskan untuk membuat artikel, entah kenapa saya jadi terpacu. Dengan terpacu, fokus saya SERATUS PERSEN untuk menulis artikel.

Dan dengan saya fokus pada penulisan artikel, dalam 15 menit saja saya sudah bisa menyelesaikan sebuah artikel!

Hm... nice bukan?

Untuk menggunakan teknik ini, install Cool Timer di komputer Anda. Anda tetapkan sendiri waktu yang mungkin bisa Anda gunakan untuk menulis artikel, dan klik START. Kemudian... mulailah menulis artikel dengan hitungan mundur dari software tersebut menemani.

Saya jamin produktivitas Anda akan meningkat secara DRASTIS.

Dan yang terakhir, Salam Pintar!

P.S: Please... jangan komplain dulu. Di coba dulu, komplain belakangan...

Dan, saya menunggu kisah sukses Anda menggunakan teknik ini di kotak komentar. Okay... :)

Mulai sekarang, AlamPintar akan update tiap EMPAT HARI sekali. Jika Anda terlalu sibuk untuk mampir, setidaknya pastikan untuk SELALU BACA artikel keren kami via email. Klik di sini untuk Langganan via E-mail!

Anda diperkenankan MENYALIN tulisan di AlamPintar.org selama menyebutkan SUMBER dan mencantumkan LINK menuju blog ini. Kerugian yang disebabkan karena anda secara salah mengikuti apa yang saya tulis di sini di luar tanggung jawab saya sebagai penulis.