Siapa Bilang Internet Marketing Hal Sulit? Omong Kosong!

kaboom Banyak yang berkata, "Bisnis Internet itu sulit!" Ada juga yang berkata, "Internet itu rumit, kamu harus ngerti..." Beberapa berkata, "Bisnis internet itu ga berprospek, semuanya penipuan..."

Alasannya dibalik perkataan itu pun bermacam-macam. Nggak ngerti bahasa pemrograman, berpikir bahwa bisnis di internet itu sepenuhnya berkutat dengan hal-hal yang 'alien' (baca: sulit dimengerti), atau karena bisnis internet ini tak mungkin bisa dijalankan karena tidak aman.

Saya facebook-an dan meski tidak setiap hari, saya tahu bahwa di halaman ketika saya update status, ada iklan yang terpampang di sana (saya selalu menggunakan komputer untuk facebook-an). Suatu hari, saya sempat juga penasaran... Gimana sih cara buat iklan seperti itu?

Eh... ternyata gampang banget. Di bagian bawah web browser kita, ada gambar statis yang bernama pages. Ketika kita meng-klik gambar itu, kita akan di bawa ke wizard (panduan) yang memandu kita untuk memasang iklan di sana dalam beberapa langkah saja.

Apa yang seperti itu rumit? Ketika kita sudah punya produk untuk dijual, kita bisa melakukan bisnis dengan mudah dan sudah ada alat promosi yang hebat seperti facebook. Apa itu rumit?

Saya mengawali kegiatan bisnis internet saya dengan menjadi translator (sebenarnya sampai sekarang iya, dan sedang dalam project translate untuk intense debate, plugin yang saya pakai untuk buat komentar di blogger seperti di wordpress).

Dan Anda tahu, itu adalah awal yang mudah. Saya punya skill untuk dijual, saya katakan pada orang yang tepat. Saya punya blog ini ketika masih versi sederhana sekali. Dan hanya dengan itu, saya bisa mulai bisnis internet saya sendiri.

Sekali lagi, apa yang seperti itu sulit?

Saya baca koran Surya hari ini. Ada ibu rumah tangga yang 'benci' menganggur di rumahnya. Dulu, ketika ia masih bekerja di kantor, ia hobi membuat kue kering dan banyak kolega serta temannya mengatakan bahwa kue keringnya enak sekali.

Ia berpikir untuk memanfaatkan hobinya itu, dan menggunakan blognya di multiply untuk memajang kue keringnya. Pesanan tanpa disangka membludak. Padahal domisilinya di Jatim, ia dapatkan banyak pesanan hingga luar pulau.

Ia terpaksa membatasi wilayah penjualannya ke wilayah jatim saja karena kue kering bisa rusak jika harus di kirim ke luar pulau. Alasan lainnya, ia repot jika harus melayani pengiriman ke luar pulau.

Tapi yang penting bukan itu. Hanya dengan keahlian membuat kue kering, blog di multiply, akhirnya ia punya banyak sekali kenalan serta pesanan kue kering.

Sekali lagi, apa itu hal yang sulit? Apa itu hal yang rumit? Kenapa ibu rumah tangga yang seharusnya gaptek bisa menjual kue keringnya sampai seperti itu dan ia bisa dapatkan penghasilan yang tak kalah dengan gaji suaminya?

Saya jawabkan untuk Anda. Bisnis internet itu tak serumit yang Anda kira. Bahkan, bisnis internet itu MUDAH! Tak peduli Anda mau bilang apa, pendirian saya adalah bahwa bisnis ini SUPER DUPER MUDAH!

Semua ini menjadi sulit dan rumit ketika pikiran untuk 'kaya cepat, kaya dengan hanya duduk dan diam, kaya hanya dengan skill mengetik di komputer' mulai meracuni otak Anda. Ketika yang seperti ini meracuni otak Anda, katakan selamat tinggal pada semua kemudahan yang ditawarkan oleh internet...

Darimana pikiran tersebut berasal? Dari banyak orang di internet yang iklannya kurang mengedukasi, tentunya. Tapi, siapa yang memelihara pikiran ini hingga terus ada di pikiran kita?

Jawabnya, KESERAKAHAN kita, KEBODOHAN kita. Ketika Greed (serakah) dan Stupid (bodoh) ada di otak, ia memacu emosi. Dan dengan emosi yang tidak dibarengi akal sehat...

Yes! We become COMPLETELY IDIOT... sampai menganggap bahwa hal semudah bisnis di internet adalah hal yang super rumit.

Apa bukti mengenai bocah SMA dan ibu rumah tangga tadi belum meyakinkan Anda?

Tak apa... itu artinya realita kita berbeda. Kenapa realita kita berbeda? Karena paradigma kita berbeda. Kenapa paradigma kita berbeda? Karena mindset bahwa 'bisnis di internet sulit' telah menancap erat di otak Anda.

Yang terpenting, sadarilah... realita Anda membuat Anda seperti ini. Merasa bisnis mudah ini sesulit yang tak seharusnya. Nikmatilah sensasi itu, jika tak segera keluar dari rasa nikmat ketika dimanja pikiran 'kaya itu bisa cepat dan tanpa proses menghantam kegagalan berulang kali'.

Sepertinya Anda harus baca seluruh post saya mengenai 'kapasitas' dan terus mengulangnya hingga benar-benar mengerti...

Sorry for being selfish today...

Sepuluh komentar untuk opini saya ini di bawah, dan akan saya lanjutkan dengan post yang SANGAT-SANGAT MENARIK! See you again in my next post... Salam Pintar!

Mulai sekarang, AlamPintar akan update tiap EMPAT HARI sekali. Jika Anda terlalu sibuk untuk mampir, setidaknya pastikan untuk SELALU BACA artikel keren kami via email. Klik di sini untuk Langganan via E-mail!

Anda diperkenankan MENYALIN tulisan di AlamPintar.org selama menyebutkan SUMBER dan mencantumkan LINK menuju blog ini. Kerugian yang disebabkan karena anda secara salah mengikuti apa yang saya tulis di sini di luar tanggung jawab saya sebagai penulis.