Meningkatkan Jumlah Kesempatan Bagus yang Datang

Four Leaves Clover image Hari ini post-nya rada narsis dan sombong dikit, boleh 'kan? Kalo boleh, okay. Hari ini adalah hari yang spesial sekali, karena tema tulisan hari ini adalah meningkatkan keberuntungan dan kesempatan baik. Kenapa hal ini perlu ditingkatkan dalam diri kita? Karena pada hakikatnya kesempatan besar tidak datang sendiri.

Untuk menangkap ikan besar, kita butuh kail yanglebih besar dan panjang, dengan elastisitas yang baik, dan umpan yang lebih besar dan mahal. Hari ini, kita akan belajar menjadi kail ang cukup kuat untuk menangkap monter bass. Apa kalian siap?

Kita semua tahu, diantara ribuan batuan pasir sungai yang jelek-jelek, ada satu bijih emas yang berharga. Namun, dengan meningkatkan keberuntungan kita, kita bisa dapatkan satu bijih emas di tiap ratusan pasir, satu bijih emas di tiap puluhan pasir, bahkan satu kantung emas tanpa pasir. Jadi, kita sudah sepakat mengenai pertanyaannya. Dimana kunci meningkatkan kesempatan emas dan keberuntungan?

Saya adalah laki-laki yang suka baca dan nonton. Tak heran jika saya banyak bergabung dengan keanggotan perpustakaan mini, persewaan DVD, atau persewaan komik dan novel. Hal yang menarik yang bisa kau pelajari ketika kau menjadi anggota dari hal-hal seperti ini adalah, bahwa ada orang yang masuk 'daftar putih' dan mendapat kesempatan untuk membaca terlebih dahulu buku yang baru saja datang, menyewa video yang baru saja ada, dan mendapat potongan harga khusus yang tak diberikan kepada anggota lainnya.

Sementara ada anggota yang masuk ke daftar putih, ada anggota lain yang masuk ke daftar hitam. Ia mendapat giliran terakhir ketika membaca buku, tidak mendapat potongan harga, dan ia menikmati video yang sudah banyak cacatnya sehingga tak nyaman untuk ditonton.

Jadi, apa yang membedakan anggota daftar putih dan anggota daftar hitam?

Para daftar putih (whitelist) selalu jadi yang pertama dalam mengembalikan barang sewaan. Mereka mampu membaca novel Sherlock Holmes hari ini, mengembalikannya besok, dan mengerti apa yang dibacanya. Mereka menjaga barang yang mereka pinjam, mengembalikan sebelum deadline, memberikan masukan yang berharga bagi pemilik klub, dan mereka sopan. Karena kelebihan ini, hak mereka juga dilebihkan oleh pemilik klub.

Sementara para daftar hitam (blacklist) mengembalikan barang ketika deadline sudah lewat dua hingga tiga hari, mereka bertingkah menyebalkan, mengembalikan barang sewaan dalam keadaan basah atau cacat, dan mereka merasa tak apa-apa karenanya. Karena kekurangan ini, hak mereka juga dikurangi oleh pemilik klub.

Kehidupan juga berjalan sesederhana itu. Untuk bisa melihat DVD yang belum pernah ditonton oleh anggota lain, kau harus jadi peminjam pertama, selain itu, kau harus masuk dalam whitelist. Untuk mendapat kesempatan terbaik, kita tak menunggu kesempatan datang, kita harus jadi yang pertama, dan kita harus masuk dalam whitelist Tuhan.

Dalam permainan American Football, untuk mendapat bola dan mencetak touch down, runner harus menjemput bola di tempat yang telah disepakati, sekalipun ia belum melihat bola di sana. Ia harus percaya bahwa bola akan datang ketika ia berlari ke titik itu. Dan ia tahu, jika ia tak segera berlari ke titik itu, mereka tak akan mendapat bola untuk dicetak, dan tim mereka harus kalah.

Kesempatan bagus adalah bola tersebut. Ketika kau menjadi yang pertama, kau masuk whitelist, dan kau siap menangkap bola itu, maka kaulah pemenangnya. Sudah berapa banyak orang baik yang mendapatkan kesempatan emas, namun gagal mengaplikasikan kesempatan emas itu, hanya karena mereka tidak siap. Jadi, selain menjadi baik (masuk whitelist) dan menjadi yang pertama, kau juga harus siap dengan keadaan tersebut.

Tak jarang, kesempatan emas di tangan orang yang salah, hanya akan menjadikan kesempatan emas tersebut menjadi kesempatan yang tak berharga. Ini masuk akal, karena Tuhan tak akan membebani makhluk-Nya dengan hal yang melebihi kapasitasnya. Kau tak akan diberi musibah lebih berat dari yang bisa kau tanggung, dan kau takkan dapat kesempatan dan kekayaan lebih banyak dari yang bisa kau tanggung. Tuhan Maha Adil, 'kan?

Sekarang jadi makin kelihatan 'kan, kenapa saya selalu menekankan pentingnya memperbesar kapasitas diri dengan terus belajar. Tapi, belajar juga bukan sembarang belajar. 'Kan saya juga sudah pernah membedakan antara belajar untuk isi dan belajar untuk memperbesar kapasitas diri.

Jika lupa, silakan buka-buka arsip saya. Saya selalu persembahkan tulisan terbaik saya untuk anda karena saya juga salah seorang yang ingin meningkatkan kesempatan baik dan keberuntungan saya. Ketika kita lakukan yang terbaik, Tuhan memasukkan kita ke whitelist, dan otomatis, kita akan selalu diberi tahu jika ada 'DVD' terbaru.

Ijinkan saya merangkumkan tulisan hari ini untuk anda.

  • Jadilah yang pertama ketika kesempatan datang. Hal ini sedikit banyak dipengaruhi oleh keberuntungan dan lingkungan anda. Jadi saran saya, jika ingin kaya lewat internet, masukilah lingkungan orang-orang yang kaya dari internet. Dengan begitu kau akan lebih dahulu masuk pasar daripada yang lainnya.
  • Berikan dan persembahkan yang terbaik. Ini menyangkut kredibilitas. Semakin bisa dipercaya kamu, orang akan lebih percaya kepadamu ketika mereka menawarkan suatu kesempatan emas untuk bekerja sama. Ini sangat PENTING!
  • Siaplah dalam mengelola kesempatan itu. Tak ada gunanya kamu mendapat tuna dalam kaleng yang sangat lezat jika kau tak menyiapkan pembuka kalengnya. Banyak belajar adalah cara terbaik untuk 'tahu' kapan kesempatan emas datang dan kapan kesempatan itu pergi.

Agak bingung dan gamang? Mungkin itu karena saya tak berikan penjelasan teknis di sini. Hari ini memang niat saya memberikan anda hal yang membesarkan kapasitas. Mengenai isinya, saya akan berikan besok. Tentu jika saya tidak lupa... hahahaha.

By the way, saya mulai hari ini memberikan sesi pertanyaan. Bertanyalah di kotak komentar. Pertanyaan TERBAIK akan saya jawab dalam POST SENDIRI, dan saya akan berikan HADIAH LINK DOFOLLOW bagi sang penanya. Jadi tanyakan yang menjadi ganjalan hatimu di kotak komentar dibawah, dan siap-siap belajar dengan saya sambil mendapat inbound link dari blog ber pagerank 2 dan visitor >100 setiap harinya.

Sudah cukup panjang post saya, terima kasih atas semua perhatian kalian. Maaf bagi yang ingin bertukar link karena saya sulit online beberapa pekan terakhir, dan salam pintar!

Mulai sekarang, AlamPintar akan update tiap EMPAT HARI sekali. Jika Anda terlalu sibuk untuk mampir, setidaknya pastikan untuk SELALU BACA artikel keren kami via email. Klik di sini untuk Langganan via E-mail!

Anda diperkenankan MENYALIN tulisan di AlamPintar.org selama menyebutkan SUMBER dan mencantumkan LINK menuju blog ini. Kerugian yang disebabkan karena anda secara salah mengikuti apa yang saya tulis di sini di luar tanggung jawab saya sebagai penulis.