Bibir Melekat karena Super Glue? | Imajinasi Mamad

akhirnya bisa juga aku mosting di blognya bang alam, langsung pembahasannya aja yaa.

tidak mengherankan jika kejadian ini sering terjadi, lebih sering dari yang anda duga. super glue sesuai dengan namanya lem ini memang super sekalii..suatu lem dengan rekatan seluas 1 inci persegi mampu mengangkat benda seberat 1 ton atau lebih ( wow, keren kagak ), jadi aku membayangkan bagaimana seandainya lem ini mengenai kamu dan, jari atau bibirmu merekat satu sama lain?

bahan utama lem super glue adalah sianoakrilat, sianoakrilat adalah resin akrilat yang dapat merekat (membentuk ikatan yang paling kuat)hampir secara langsung. satu satunya pemicu yang di butuhkan adalah ion hidroksil yang ada dalam air, yang mudah di dapatkan karena setiap benda yang akan di lem secara pasti paling sedikit mengandung selapisan tipis air di permukaannya. udara juga mengandung air dalam bentuk kelembapan.

lem putih, seperti elmer, di ikat oleh penguapan zat pelarut. Zat pelarut lem putih adalah air. ketika air menguap, karet polivinilasetat (ribet banget) yang telah menyebar ke celah celah bahan yang akan di lem membentuk ikatan yang lentur. Sebaliknya lem super glue mengalami proses yang disebut polimerisasi yang anionik, proses kimia polimerisasi menghasilkan sejumlah panas tertentu. apabila terkena kulitmu dalam jumlah cukup banyak, akan menyebabkan kulitmu terbakar.

molekul sianokrilat mulai merekat ketika bertemu dengan air, dan terikat dalam rantai untuk membentuk lapisan plastik yang tahan lama. Kemudian lem mengental dan mengeras sampai benang benang molekul tidak lagi bergerak.

Katakan kamu sedang memperbaiki pot lalu tanpa di sengaja keramik mu pecah. sebelum kamu dapat mengatakan "ups" jari telunjukmu telah merekat dengan ibu jari mu, pertolongan pertama yang dapat kamu lakukan adalah sebagai berikut :

1. berdoa, mungkin terlihat aneh tapi ini sangat mujarab looo, oh ya ini rahasia jangan bilang sapa2, sttttttttt

2. keriklah sisa lem yang masih menempel. jangan gunakan kain atau kertas tisu karena reaksi kimia antara kain dan lem dapat menyebabkan kebakaran atau asap, tapi keren juga kalok berasap hehehe

3. jangan coba coba memaksanya dengan tang atau memasukkannya ke dalam mesin cuci karena bisa mematahkan jari mu atau merobek kulitmu

4. rendamlah jari jari yg merekat tadi di dalam air berbusa atau bersabun yang hangat


5. jika belum berhasil cobalah tawakkal atau teteskan sedikit cairan penghilang kutek di daerah yang terkena lem, lalu coba lagiuntuk memisahkannya


Kelihatannya kejadian bibir yang terkena lem sangat aneh tapi gak aneh lagi kalok yg ngelakuin nya muchammad hehehe, minyak kayu putih aja habis satu botol...hehehehe.

banyak orang yang punya kebiasaan buruk menggunakan gigi nya jika ingin merobek atau mengulir tutup lem yang sulit di buka. Katakan kamu menggunakan cara ini dan tiba tiba bibirmu terkena lem sehingga kedua bibirmu saling terekat. untuk memisahkan bibirmu, pilihan mu untuk melakukannya menjadi terbatas.

1. jangan pernah menggunakan cairan penghilang kutek, karena ini di daerah muka

2. berdoa, jangan lupa karena ini penting....

3. rendam bibirmu di air hangat dengan menggunakan mangkuk atau sejenisnya

4. jangan pernah memaksanya

5. kalok belum berhasil, di bawa saja di ketok magic....

jika kamu mengira sianoakrilat untuk memperbaiki perhiasan sangat luar biasa, tunggulah sampai kamu mendengar kemampuannya yang lain. sianoakrilat dapat di gunakan untuk menutup luka. para peneliti menemukan bahwa dengan mengubah bentuk alkohol terkandung dalam super glue, yaitu dari etill atau metill alkohol menjadi utill atau oktill alkohol, maka senyawa menjadi kurang meracun bagi jaringan tubuh manusia. para dokter bukanlah satu satunya yang menggunakan sianokrilat karena dokter hewan pun menggunakannya.

referensi : otak kanan muchammad penulis tamu di Alam Pintar.
buku kimia sma
tabel periodik
semangat
wikipedia
inspirasi dan senyum



Suka dengan tulisan para penulis di sini? Silahkan Langganan via E-mail

Mulai sekarang, AlamPintar akan update tiap EMPAT HARI sekali. Jika Anda terlalu sibuk untuk mampir, setidaknya pastikan untuk SELALU BACA artikel keren kami via email. Klik di sini untuk Langganan via E-mail!

Anda diperkenankan MENYALIN tulisan di AlamPintar.org selama menyebutkan SUMBER dan mencantumkan LINK menuju blog ini. Kerugian yang disebabkan karena anda secara salah mengikuti apa yang saya tulis di sini di luar tanggung jawab saya sebagai penulis.