Blog itu Seharusnya Kayak Gini!!!(1)

Belum-belum judulnya sudah gaya dan sombong sekali…. Kebayang isinya nanti bakalan kayak gimana… Tehehehe...

Yang ingin saya utarakan hari ini adalah cara untuk mempopulerkan blog kita. Baik itu dengan membuat pengunjung betah dengan blog kita, atau agar blog kita itu disenangi oleh Search Engine.

Penasaran?

Sebenarnya saya juga agak sungkan nulis ini. Gimana lagi, saya ini juga masih Newbie kok. Masih sering salahnya daripada benernya. Tapi, kalo hanya untuk dibagi, saya rasa bakalan sah-sah saja.

Dan setelah anda menerapkan yang saya tulis disini, blog anda harusnya bakal banyak pengunjungnya. Kalau nggak, ya bukan salah saya, mungkin anda memang sial orangnya. (Bercanda….)

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat menulis blog adalah….
1.Harus Rajin Posting. Ini adalah pengalaman super nyata. Suatu hari saya nggak mbayar speedy hingga berhari-hari. Imbasnya, saya nggak posting selama berminggu-minggu, Impact-nya, saya kehilangan pengunjung selama berbulan-bulan. Ada yang bilang kalo posting bagaikan air bagi tanaman (blog) agar tanaman (blog) kita tetap hidup dan enak dipandang.

2.Tidak Berisi Curhatan. Wah, kalo yang kayak gini ini emang agak sialan. Orang browsing alasan utamanya adalah mencari sesuatu, baik itu pengetahuan atau apalah… Jika suatu saat membuka blog yang hanya berisi curhatan, mungkin ia akan bergumam, “Peduliku apa? Emangnya kenapa kalau begitu?” Atau bahkan, “Nggak penting banget sih!”
Sah-sah saja jika anda menulis blog untuk diisi curhatan, tapi diharapkan ada sesuatu yang bisa dijadikan pelajaran dari apa yang anda tulis itu. Kejadian lucu juga merupakan hal bagus untuk dibagi, tapi jangan kelewatan. Lain halnya jika anda Luna Maya atau Dian Sastro. Isinya curhatan super nggak penting pun, kalau mereka yang nulis, pasti laku keras!

3.Punya Topik Tertentu. Beberapa orang berlangganan blog orang lain karena tertarik dengan topik khusus yang dibawakan oleh pemilik blog. Misal, saya menulis beragam pengetahuan yang bisa digunakan orang untuk belajar dan mengembangkan diri. Jika suatu saat saya menulis sesuatu yang tak berhubungan dengan topik saya, misal, ‘Salah Satu Pegawai Ragunan adalah Saudara Alam’. Pasti bakalan jarang yang mbaca. Atau bahkan orang akan berhenti membaca.

4.Isi Harus Berisi. Usahakan image yang anda pancarkan dari tulisan anda adalah image orang intelek. Jangan menulis sesuatu yang kurang berbobot atau bermakna. Tak ayal, orang pasti malas membaca yang begituan. Kuasai dulu apa yang ingin anda tulis. Resapi dalam-dalam, baru kemudian tuliskan. Gunanya, jika ada orang yang bertanya lewat komentar, kita bisa menjawab dengan yakin dan benar. Itu bisa menjadi nilai tambah blog kita yang pastinya mempengaruhi frekuensi kunjungan pembaca ke blog kita.

5.Jangan Copy-Paste! Ini yang aku tak suka! Halaman yang hasil salin-tempel (terjemahan dari Copy-Paste) menunjukkan ke-TIDAK KREATIF-an dari sang penulis. Tulisan itu, meski kesannya rada gak jelas, ini tetap karya buatan manusia. Hargailah dengan meminta izin kepada penulis ketika anda ingin menyalin tulisan siapapun. Lalu buatlah link ke artikel asli. Misal dengan membubuhkan kalimat, ‘Mau lihat artikel aslinya? Klik disini!’ di akhir postingan. Dan kalimat itu di link-kan ke alamat penulis asli artikel tersebut atau ke artikel aslinya.

6.Konsisten Dengan Isi Topik. Jangan mencla-mencle (apaan tuh arti mencla-mencle?) Pokoknya, jangan bosan dengan topik yang sedang anda bahas atau khususkan. Jadilah air di dalam gayung, yang artinya mempunyai pendirian tetap. Jika ingin menulis sesuatu yang ‘berbeda’, usahakan ditaruh di blog lain. Tujuan lain dari hal ini adalah, agar image blog kita nggak rusak atau teracuni hal-hal lain.

7.Jangan Terlalu Sering Mengganti Themes atau Menggunakan Themes Standart. Kalau yang ini, akibatnya orang akan berpikir bahwa blog kita belum sepenuhnya jadi. Kalau themes standart…. Sebenarnya sih nggak ngaruh-ngaruh banget, tapi blog kita akan terlihat usang dan terlihat super biasa. Ini berguna untuk membedakan blog kita dari blog orang lain. Jika kita menganti Themes, hanya dengan tujuan memperingati hari-hari tertentu, itu sangat boleh dan tidak saya larang. (Emang siapa lo, berhak ngelarang gue?)

8.Pasang Widget Label atau Kategori. Ini agar pembaca mudah mencari isi yang berhubungan dengan kategori. Jika pembaca nyaman saat membaca blog anda, ia akan menjadi pelanggan setia blog anda. Kita juga ‘khan yang untung kalo kita terkenal dan punya banyak teman, lewat blog kita?

Ini masih ada lanjutannya lo…. Tunggu aja seri berikutnya, okay?!

Mulai sekarang, AlamPintar akan update tiap EMPAT HARI sekali. Jika Anda terlalu sibuk untuk mampir, setidaknya pastikan untuk SELALU BACA artikel keren kami via email. Klik di sini untuk Langganan via E-mail!

Anda diperkenankan MENYALIN tulisan di AlamPintar.org selama menyebutkan SUMBER dan mencantumkan LINK menuju blog ini. Kerugian yang disebabkan karena anda secara salah mengikuti apa yang saya tulis di sini di luar tanggung jawab saya sebagai penulis.