Membuat blog itu nggak gampang, tahu!

Membuat blog itu susah lho... Agar blog kita rapi, enak dipandang, punya banyak fitur yang memudahkan pengunjung untuk menjelajahi blog kita, dan punya banyak widget, kita harus bisa bahasa pemrograman atau bahasa HTML. Padahal blogger baru seperti saya pasti sangat awam banget tuh sama yang kaya' gituan. Dulu saya pernah depresi karena gak bisa buat 'readmore' di postingan. Di cari di fitur-fiturnya blogger juga gak ada...... Waaaah... gila bingung banget dah! Padahal, kalau nggak ada 'readmore', postingan kita akan terus ke bawah, nggak berujung sampai habis tuh postingan. Sempat kepikiran, "Wah sepertinya blog ini gagal!"


Aku cari-cari di google.com ketemu banyak cara buat 'readmore'. Tapi, ketika dicoba, gagal terus! aku sampai jengkel sama blogku ini! "Kamu kenapa sayang? Ayo jadi readmore-nya!!! Kamu dendam sama aku, ya?"

Wuihh.... benar benar hari yang berat! Aku bela-belain gak tidur, cuma karena penasaran bikin tuh 'readmore'! Aku pelototin setiap kode HTML yang ada dan yang diinstruksiin sama blog-blog penyedia tutorial blog. Hasilnya bagus... Berkali-kali gagal! Tanpa putus asa ku cari di google.com ku pelototin setiap kata di google, sudah berapa kali ku buka blog, hingga akhirnya ketemu blog yang super pas dengan keadaan newbie kaya' aku. Kuperhatiin seksama, blog tutorial itu sangat mudah diikuti. Aku coba, dan berhasil. Pemilik blognya (Kang Rohman) juga care sama aku. Cuman dua kali komen, tapi langsung di tanggapin pertanyaan aku. Gak kayak blogger lainnya. Yang ia ajarkan juga banyak sekali... salut banget dah buat Kang Rohman itu!

Aku belajar banyak dari blognya. Akhirnya bisa buat daftar isi, readmore, recent comment, and manymore! Akhirnya jadilah blogku seperti sekarang ini... Mesti baru beberapa hari lalu di buatnya, cukup bagus 'kan?

Wekekekekek... sudah cukup curhatnya... yang aku mau tegaskan adalah KUNJUNGI BLOGNYA KANG ROHMAN. Khususnya bagi blogger yang masih awam dan masih pemula. Itu adalah satu langkah tepat untuk membuat blog anda menarik dan banyak pengunjung. Jika anda tertarik ke blognya Kang Rohman, anda bisa meng-klik tanda "kolom-tutorial" di bagian kanan blog ini... Anda akan langsung kesana dan belajar sangat banyak mengenai seluk beluk blogging. Dijamin gak nyesel deh, sumpah!

Mau ke kolom-tutorial.com? Klik disini juga bisa!

PERINGATAN!!! SAYA MEMBUAT INI BUKAN KARENA DIPERINTAH OLEH SIAPA PUN. INI MURNI DARI PENGALAMAN BAIK SAYA, DENGAN TUJUAN MEMUDAHKAN ANDA BELAJAR BLOG. AKHIR KATA, SELAMAT BELAJAR!

Mulai sekarang, AlamPintar akan update tiap EMPAT HARI sekali. Jika Anda terlalu sibuk untuk mampir, setidaknya pastikan untuk SELALU BACA artikel keren kami via email. Klik di sini untuk Langganan via E-mail!

Anda diperkenankan MENYALIN tulisan di AlamPintar.org selama menyebutkan SUMBER dan mencantumkan LINK menuju blog ini. Kerugian yang disebabkan karena anda secara salah mengikuti apa yang saya tulis di sini di luar tanggung jawab saya sebagai penulis.