Menjadi Ramah = Promosi Blog + Trafik yang lebih baik?

Friends and Love Apakah ini sambungan postingan kemarin yang isinya cara menambah trafik melalui promosi blog? Jawaban saya, IYA! Ini adalah tambahan yang saya pelajari segera dari semua feedback yang telah kalian semua berikan melalui kotak komentar. Terima kasih banyak saya haturkan kepada mas Ardy Pratama yang sedikit banyak telah menyadarkan saya untuk tidak menjadi pemilik blog yang kesannya sombong. Dan saya suka komentarnya meski yang ia sarankan menjadi sedikit kendala bagi saya.

Bagaimanapun, tulisan ini adalah kristalisasi perenungan saya ketika membaca komentar-komentar di postingan kemarin. Sebagai rasa terima kasih, saya akan kembalikan feedback yang telah anda berikan melalui kotak komentar, menjadi suatu bentuk postingan tambahan sebelum kita beranjak ke ‘cara menaikkan trafik melalui SEO’ (karena bagian ini yang paling banyak dan saya juga saya sekalian masih mengumpulkan materi). Apa saja itu? Lanjutkan saja membacanya dan kita akan diskusikan bersama-sama.

Kembali ke judul post hari ini. Apakah menjadi ramah berbanding lurus dengan promosi blog dan trafik yang lebih baik? Jawaban saya juga YA! Dan ini yang mungkin banyak dilupakan oleh kita-kita sehingga rasa-rasanya blogger lama yang dulu sering mampir ke kita perlahan-lahan berkurang, sementara yang meramaikan kotak komentar kita hanya blogger-blogger baru yang baru saja kita kenal.

Mengembangkan hubungan ke arah yang lebih luas itu bagus. Namun jika hubungan dengan sahabat lama perlahan-lahan menghilang, ya sama saja bohong. Istilahnya gali lubang tutup lubang. Menggali sedalam mungkin, jika ujung-ujungnya ditutup lagi, tentu sumur kita tak akan pernah jadi. Lalu, apa yang bisa kita lakukan agar kita terus menggali lubang tanpa menutupnya? Tentu saja dengan terus menjaga hubungan baik dengan sahabat lama.

Orang suka diperhatikan. Orang butuh dipuji. Bahkan orang yang berkata, “Saya tak butuh pujian”, sedang memuji dirinya dengan mengatakan dalam hati, “Saya begitu hebat hingga tak butuh dipuji oleh orang lain lagi”. Dan, menjadi ramah adalah cara untuk untuk terus memperhatikan kebutuhan orang akan pujian dan perhatian. Bayi tumbuh baik dengan cinta. Begitu pula pengunjung kita yang akan menjadi pengunjung setia yang lebih baik jika kita bisa berikan mereka perhatian dan cinta.

Salah satu bentuk perhatian pada pengunjung atau pembaca adalah dengan membalas komentar mereka. Minimal, menjawab pertanyaan mereka. Dan ketidakhadiran saya di blogosphere ini dalam kurun waktu yang cukup lama menimbulkan kerinduan yang perlahan-lahan berubah menjadi kelupaan. Jika dalam sehari biasanya minimal ada 100 visitor yang berkelana di blog ini, setelah saya tinggal, menjadi 40 orang saja, dan page views yang biasanya hingga 4 koma sekian-sekian, menjadi 1 koma sekian-sekian. Dari situ saya menyadari, seloyal apapun visitor anda, tanpa makanan (informasi) yang bisa anda berikan di blog anda, mereka akan kelaparan dan mencari makanan (informasi) lain di luar sana.

Apakah ini penting? Jelas PENTING! Slot iklan saya jadi ga karuan. Pemasukan berhenti. Beruntung saya segera kembali dan setelah beberapa hari online, saya bisa mendapatkan orang yang mau meletakkan linknya di bagian footer blog ini dan orang yang mau memesan slot banner selama 2 minggu. Saya mendapat beberapa dollar dan beberapa rupiah, tak banyak, namun itu lebih baik daripada 0 dollar ketika saya vakum dulu.

Menjadi ramah meliputi, membalas komentar pengunjung. Serelevan mungkin dengan pertanyaan mereka. Menjadi ramah juga meliputi dengan terus memberikan informasi berguna bagi pengunjung, apapun itu! Ketika Einstein berkata bahwa imajinasi lebih penting daripada pengetahuan, ia BENAR! Menyajikan informasi berguna bagi pembaca, yang membuat mereka berkata, “Terima kasih atas informasinya. Saya baru tahu dan sangat menarik sekali.” TIDAK membutuhkan kepandaian! Kau hanya butuh sedikit wawasan dan imajinasi. Dan selama saya menulis dengan niatan memberi informasi, saya akan terus mendapat visitor, setiap hari, selama yang saya mau!

Jadi, menjadi baiklah para pemilik blog. KARENA SAYA SUDAH MEMBUKTIKANNYA! Apakah saya hanya mau mengatakan “Jadilah baik” dengan menulis postingan ini? Tidak... karena saya akan berikan sedikit lagi tambahan untuk anda.

Pertama, bangunlah list seperti yang mas Ardy Pratama lakukan (jika anda punya uang tentunya). Sebab, teknik ini akan meloyalkan visitor yang sebenarnya kurang loyal. Bagaimana tidak menjadi loyal, visitor akan ‘dipaksa’ kembali dengan email yang berisi kata-kata yang membuat orang penasaran setengah hidup untuk mengkliknya. Dan ketika saya mengklik email semacam itu di inbox saya, tangan saya bergetar dan saya berujar dalam hati, “Jadi ini salah satu cara, yah...”

Mempunyai autoresponder sendiri itu keren. ITU SARANA MENDAPATKAN KEMBALI TRAFIK YANG HILANG, MELOYALKAN VISITOR, dan SARANA PROMOSI BLOG YANG BAIK SEKALI! Jadi jika anda punya beberapa dollar untuk membayar jasa autoresponder, lakukan! Apalagi jika anda punya produk untuk diiklankan. Mereka krusial sekali untuk kelangsungan bisnis anda.

Yang terakhir dan yang masih saya ingat adalah tools dan terus belajar. Untuk tools mendapatkan trafik, saya dapat informasi dari bang Zalukhu untuk menggunakan Tezak (saya lupa namanya). Terus, untuk yang poin belajar, saya menemukan ada internet marketer (Justin Michie namanya) yang bagi-bagi rahasia viral teknik. Jika anda mengatakan dalam hati, “Viral teknik, halah... mungkin hanya itu-itu saja. Saya sudah tahu!” Sebaiknya buka pikiran anda dan masukkan dalam pikiran anda bahwa DUNIA ITU LUAS dan MUNGKIN ADA BEBERAPA yang belum KITA KETAHUI. Jadi karena itu gratis, silahkan download saja di sini, dan ijinkan pemberi rahasia tersebut mengutarakan rahasia kecilnya, dan lihat, apakah anda benar-benar sudah tahu semuanya.

Okay, sekian untuk hari ini. Semoga yang sederhana ini berguna bagi anda semuanya. Sekali lagi, feedback-nya tolong, yah! Di kotak komentar atau di halaman ‘hubungi Alam’, terserah. Kalau mau yang praktis, yah... di kotak komentar ini. :P Sori, trafik by SEO nya di pending dulu. Semoga sehat selalu, saya cinta kalian semua, dan Salam Pintar!

Mulai sekarang, AlamPintar akan update tiap EMPAT HARI sekali. Jika Anda terlalu sibuk untuk mampir, setidaknya pastikan untuk SELALU BACA artikel keren kami via email. Klik di sini untuk Langganan via E-mail!

Anda diperkenankan MENYALIN tulisan di AlamPintar.org selama menyebutkan SUMBER dan mencantumkan LINK menuju blog ini. Kerugian yang disebabkan karena anda secara salah mengikuti apa yang saya tulis di sini di luar tanggung jawab saya sebagai penulis.